Penabalan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, Syamsuar: Semoga Amanah

Upacara-penabalan-Bupati-Pelalawan.jpg
(Media Center Riau)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar mengikuti upacara penabalan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Kamis, 9 Desember 2021.

Syamsuar mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan yang baru saja ditabalkan.

“Semoga amanah dan yang diberikan dapat dijalankan dengan baik," katanya.

Menurut Syamsuar, penabalan gelar tersebut merupakan suatu bukti bahwa masyarakat Pelalawan mempunyai asal-usul. Juga mempunyai sejarah yang mengakar kuat dari masa lalu ke masa kini. 

Diketahui, Bupati Pelalawan Zukri Misran dan Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin dianugerahi penabalan Datuk Setia Amanah Adat dengan gelar Datuk Sri Setia Amanah Payung Panji Masyarakat Adat Kabupaten Pelalawan dan Timbalan Datuk Setia Amanah Adat bergelar Datuk Sri Timbalan Setia Amanah Payung Panji Masyarakat Adat Kabupaten Pelalawan.

 

Penabalan Datuk Setia Amanah Adat dan Timbalan Datuk Setia Amanah Adat dilakukan dalam prosesi adat Melayu karena dianggap telah melaksanakan tanggung jawab sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sesuai amanah yang telah diberikan masyarakat Kabupaten Pelalawan. 


 

Penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan Tanjak oleh Sultan Pelalawan ke-10 Assayyidis Syarif Kamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan, pemasangan salempang oleh Datuk Seri Setia Amanah, Syamsuar dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAM Riau, Syahril Abu Bakar. 

 

Bupati Pelalawan, Zukri Misran mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih atas gelar sebagai Payung Panji Masyarakat Adat Kabupaten Pelalawan. 

 

"Tugas mulia ini bukanlah suatu beban. Tugas  mulia ini mengandung arti sangat berat yang mana tidak semua orang sanggup memikulnya," ucapnya.

 

Dengan gelar tersebut, diharapkan mampu mewujudkan keinginan masyarakat adat Kabupaten Pelalawan yang selama ini terus menjaga dan melestarikan budaya Melayu dengan nilai luhur, harkat, dan martabat tinggi di Negeri Melayu Lancang Kuning. 

Selain penabalan gelar kepada Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, juga dilakukan penabalan Lembaga Perangkat Kesultanan Pelalawan, serta penganugerahan gelar Kerabatan Kesultanan Pelalawan.