Strategi Kepariwisataan Kota Pekanbaru

Strategi-kepariwisataan-kota-Pekanbaru.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang mendapat perhatian pemerintah untuk terus dikembangkan sampai saat ini, karena sektor ini dinilai cukup berpotensi bagi perkembangan perekonomian rakyat dan penghasilan devisa negara dari komoditi nonmigas.

Saat ini Riau online akan membahas tentang Riau, strategi pariwisata pada dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru. Simak ulasannya berikut ini.

Dalam pelaksanaan strategi kepariwisataan pada dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu :

Strategi manajemen

 

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata dilakukan dengan cara merumuskan perencanaan tentang promosi pariwisata yang akan dijalankan dan pelaksanaan teknis promosi pariwisata di lapangan.
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum.
  3. Pelayanan rencana kerja pemantauan dan evaluasi.
  4. Pembinaan dan pelaporan dinas kebudayaan dan pariwisata dilakukan dengan cara pembinaan pameran pariwisata dan membuat laporan pelaksanaan pameran.
  5. Penyelenggaraan urusan penatausahaan dinas kebudayaan dan pariwisata dilakukan dengan menyiapkan kelengkapan administrasi berupa surat masuk dan surat keluar dinas kebudayaan dan pariwisata menginventariskan permasalahan dan pemecahan atau solusi permasalahan.

Pada indikator strategi manajemen ini pelaksanaan program kerja yang telah ditentukan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata guna mewujudkan tujuan organisasi masih belum maksimal karena kenyataannya di lapangan dapat ditemukan bahwa promosi yang dilakukan terhadap objek pariwisata yang ada di kota Pekanbaru masih kurang.

 

 Strategi investasi


Riau, Strategi kepariwisataan kota Pekanbaru selanjutnya adalah strategi investasi. Perencanaan pembangunan melalui master plan dan detail engineering detail dan meningkatkan kepercayaan investor baik dari dalam dan luar negeri untuk menanamkan modalnya di bidang pariwisata.

Pada indikator strategi investasi prioritas yang direncanakan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru melalui masterplan dan seharusnya dapat menarik minat investor baik pemerintah maupun swasta untuk ambil bagian dalam pembangunan dan pengembangan objek wisata yang ada di kota Pekanbaru.

Namun pada kenyataannya semua proyek pembangunan baik sarana sarana serta infrastruktur yang dicanangkan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru masih dibiayai pemerintah kota Pekanbaru melalui anggaran pembangunan belanja daerah sehingga pembangunan dan pengembangan objek wisata belum dapat dilaksanakan secara maksimal sehingga masih banyak objek wisata yang belum dikelola dengan baik.

Strategi bisnis

Program pengembangan nilai budaya dilakukan dengan cara pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah dan sosialisasi pengelolaan kekayaan budaya lokal daerah

Program pengelolaan kekayaan budaya dilakukan dengan cara pengembangan kesenian kebudayaan daerah dan pagelaran kesenian budaya daerah

Program pengembangan pemasaran pariwisata dilakukan dengan cara pengembangan jaringan kerjasama promosi pariwisata, pelaksanaan promosi pariwisata kota Pekanbaru baik di dalam dan luar negeri dan penyuluhan sadar wisata juga promosi melalui blooklet

Program pengembangan destinasi pariwisata dilakukan dengan cara peningkatan pembangunan sarana prasarana pariwisata dan pengembangan objek pariwisata unggulan

Program pengembangan kemitraan dilakukan dengan cara pengembangan dan penguatan informasi database mitra pariwisata, sanaan koordinasi pembangunan kemitraan pariwisata, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program peningkatan kemitraan, pengembangan sumber daya manusia dan profesionalisme bidang pariwisata dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata.

Faktor yang mempengaruhi strategi kepariwisataan pada dinas kebudayaan dan pariwisata kota Pekanbaru adalah faktor kekuatan berupa adanya dukungan dari pemerintah.

 

 

 

Faktor kelemahan adanya keuangan daerah yang terbatas faktor masih minimnya objek pariwisata alam yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga cukup sulit mengembangkan objek wisata alam yang menjadi primadona seperti wisata belanja dan olahraga yang telah cukup menjanjikan perkembangannya.

Sekian informasi mengenai Riau, Strategi kepariwisataan kota Pekanbaru. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.