Kontribusi Perikanan dalam Peningkatan Ekonomi Provinsi Riau

Kontribusi-perikanan.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Provinsi Riau memiliki keunggulan komparatif karena letaknya yang strategis. Riau dekat dengan negara-negara ASEAN, terutama Singapura, Malaysia dan Thailand.

Riau terletak di rute perdagangan dan pelayaran internasional di Asia-Pasifik. Lokasi Riau dekat dengan Singapura yang merupakan salah satu pusat perdagangan dunia.

Selain letaknya yang strategis Riau selama ini dikenal sebagai provinsi yang kaya dengan sumber daya alam. Saat ini Riau online akan membahas mengenai Riau, kontribusi sektor perikanan dalam peningkatan perekonomian Provinsi Riau. Simak ulasannya berikut in.

 

Perkembangan produksi perikanan berdasarkan lapangan usaha

Keberadaan lapangan usaha cukup penting bagi suatu industri. Hal ini disebabkan karena lapangan usaha dapat menciptakan pekerjaan, di mana tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi yang menjalankan usaha produksi pada suatu industri.

Lapangan usaha ini merupakan upaya untuk menjamin kelangsungan usaha industri baik menyangkut ketersediaannya maupun biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan lapangan usaha. Hal ini karena biaya lapangan usaha tersebut merupakan salah satu komponen biaya produksi yang harus dipertimbangkan secara seksama oleh para investor sebelum menanamkan modalnya.

Faktor penunjang perekonomian

Riau, Kontribusi perikanan dalam peningkatan ekonomi Provinsi Riau selanjutnya adalah faktor penunjang perekonomian.


Dilihat dari perkembangan lapangan usaha yang terus mengalami peningkatan, kondisi ini tentu akan dapat menunjang perekonomian masyarakat dari berbagai sisi yakni lapangan usaha dengan semakin banyak lapangan usaha yang terus meningkat.

Tentu saja akan membutuhkan tenaga kerja yang semakin banyak, dengan semakin banyak tenaga kerja yang diambil tentu saja akan mengurangi pengangguran dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat nantinya.

Kontribusi sektor perikanan terhadap PDRB provinsi Riau

Produk domestik regional bruto atau PDRB merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi perekonomian daerah dalam periode tertentu.

Terkait dengan perikanan semakin banyak jumlah perikanan dan nilai investasinya akan memberikan dampak yang positif terhadap PDRB di provinsi Riau sektor perikanan itu sendiri.

Kedua vektor itu merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan untuk mendorong pertumbuhan sektor perikanan Dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Tiap tahunnya sektor perikanan memberikan kontribusi positif terhadap PDRB provinsi Riau dimana tiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang cukup baik tentu ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian provinsi Riau.

Pertumbuhan perikanan

Pertumbuhan perikanan subsektor perikanan laut rata-rata per tahun sebesar 29,02%, subsektor perikanan umum sebesar 26,46% dan sub sektor perikanan budidaya sebesar 26,46%.

Sedangkan kontribusi sektor perikanan terhadap PDRB provinsi Riau rata-rata setiap tahunnya 3,71%. Pemerintah daerah provinsi Riau agar berupaya untuk meningkatkan masuknya investasi khususnya investasi pada sektor perikanan.

Sehingga bisa menekan angka pengangguran dapat meningkatkan PDRB Provinsi Riau di sektor perikanan dan mengarahkan pembangunan dan penyediaan serta meningkatkan infrastruktur yang dapat mendorong masuknya investasi seperti listrik jalan dan sebagainya.

 

 

Sekian informasi mengenai Riau, Kontribusi perikanan dalam peningkatan ekonomi Provinsi Riau. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Jurusan ilmu ekonomi prodi ekonomi pembangunan fakultas ekonomi universitasRiau.

Oleh : Wahyu Hamidi, Rahmita B Ningsih dan Mayang Sari