Warga Enggan ke Rumah Sakit Takut Tertular Covid-19, Ini Pesan Sunaryo

Sunaryo2.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Sunaryo menyebut masyarakat masih banyak yang takut berobat ke rumah sakit seiring dengan sempat merebaknya virus Covid-19.

Ia mengatakan banyak masyarakat yang bertahan di rumah atau sekadar menggunakan pengobatan tradisional untuk menghindari pergi ke rumah sakit.

"Masyarakat sekarang begitu, sakit dia rela bertahan di rumahnya tidak mau ke rumah sakit. Takut tertular (Covid-19) katanya," ujar Sunaryo, Sabtu, 18 September 2021.

Ia meyakinkan bahwa rumah sakit tentu sudah melakukan tindakan pengamanan termasuk tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 tentu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sehingga tidak akan menularkan kepada pasien lain.

"Rumah sakit kan pengamanannya cukup baik lah, mereka setiap tenaga kesehatan menggunakan APD yang tidak mungkin menyebarkan ke masyarakat yang datang berobat kesana," ujarnya.

Atas hal tersebut, ia berharap masyarakat mau percaya kepada rumah sakit untuk melakukan tindakan medis jika ada keluhan sehingga dapat ditangani lebih tepat.


"Ini memang perlahan-lahan perlu kita sosialisasikan ke masyarakat. Covid-19 sudah turun. Kita gunakanlah rumah sakit khususnya milik daerah untuk pelayanan kesehatan," tutup Politisi Partai Amanat Nasional tersebut.