Paman Sam dan Kota Cinta Sumbang Jutaan Dosis Vaksin untuk Indonesia

AstraZeneca2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua hari berturut-turut sejak tanggal 16 hingga 17 September 2021, Indonesia menerima dukungan vaksin Covid- 19 dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Pemerintah Prancis.

 

Vaksin ini diterima melalui mekanisme berbagi dosis atau dose-sharing. Dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID di website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi menyampaikan ucapan terimakasih.

 

“Atas nama pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih. Saya juga apresiasi tinggi kepada Amerika Serikat dan Prancis. Terima kasih atas persahabatan dan solidaritasnya,” katanya.

 

Retno menjelaskan, Indonesia menerima dukungan dose-sharing vaksin Pfizer dari Pemerintah AS sebanyak 2.632.500 dosis melalui jalur COVAX Facility.


 

Indonesia juga menerima 968.360 dosis vaksin AstraZeneca dukungan dari Pemerintah Prancis melalui jalur COVAX Facility.

 

“Terus berdatangannya vaksin dari jalur dose-sharing ini membuktikan bahwa upaya diplomasi vaksin Indonesia untuk menggalang solidaritas global memberikan manfaat yang nyata bagi rakyat,” pungkasnya.