Rencana Pembangunan Jembatan Dumai-Rupat, Bagaimana Ekonomi Pelabuhan?

bawa-opd.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bupati Bengkalis, Kasmarni menyebut Pemkab Bengkalis berencana membangun jembatan Dumai-Rupat untuk mempermudah akses ke Rupat.

"Ini baru konsep, masih rencana. Kita berharap jika ada jembatan ke Rupat lebih bisa membuka daerah tersebut karena aksesnya lebih mudah,". Ujar Kasmarni, Senin 18 April 2021.

Menurut Kasmarni, akses ke Rupat yang selama ini menggunakan Roro sangat terbatas sehingga dengan adanya jembatan diharapkan dapat meningkatkan wisata ke Rupat.

"Selama ini kita menggunakan roro yang memiliki banyak keterbatasan. Harapan kita dengan adanya jembatan ini pulau Rupat bisa menjadi harapan wisata kita sehingga PAD meningkat untuk Kabupaten Bengkalis," jelasnya.

Meski demikian, Kasmarni tidak menampik akan adanya perubahan ekonomi di pelabuhan yang selama menjadi ekosistem ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.


Ia menyebut hal ini sama seperti pembangunan jalan tol yang mempercepat akses namun disaat bersamaan juga membuat sejumlah daerah tidak lagi dilewati.

"Sama mungkin hari ini dengan jalan tol, sekarang ini banyak daerah yang tidak lagi kita lewati. Sekarang kita kalau tidak ke Duri, Dumai, Kandis tinggal. Sekarang ini di Kandis misalnya rumah makan sepi," ungkapnya.

Menurutnya hal ini adalah konsekuensi logis dari pembangunan untuk mendapatkan kebaikan yang lebih besar.

"Inilah harus ada timbal balik, ada positif negatif. Karena itu resiko yang harus kita ambil. Tapi mungkin ada jalan lain, itu yang akan kita usahakan," jelasnya.

Terkait dengan buruh dan pekerja lain di sekitar pelabuhan ia menyebut akan berkomunikasi terlebih dahulu sebelum akhirnya memastikan pembangunan tersebut.

"Ini akan kita Komunikasikan. Karena ini masih sebatas rencana tentu ada hal-hal yang perlu kita perhatikan, kita kondisikan lebih lanjut," tutupnya.