Baru Dua Kecamatan di Siak Gandeng Perusahaan untuk Remajakan Sawit

Kebun-Sawit.jpg
(istimewa)

Laporan SAHRIL RAMADANA

RIAU ONLINE, SIAK - Dinas Pertanian Kabupaten Siak mengungkapkan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) mitra penuh di daerah setempat baru dilakukan dua kecamatan, yakni Kerinci Kanan dan Kandis.

"Baru itu. Daerah lain belum. Kecamatan Kerinci Kanan, mitranya Asian Agri dengan luas lahan yang akan diremajakan 629 hektare. Sementara, Kandis, mitra petani sana PT Ivo Mas. Luasnya, tahap satu 196 H, sementara tahap dua ini lagi verifikasi dokumen," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Siak, Muhammad Ihsan saat bincang-bincang dengan Riauonline, belum lama ini di Siak.

Dijelaskan Ihsan, pola mitra penuh ini seluruhnya dikerjakan oleh perusahaan mitra petani. Mulai dari replanting sampai nanam hingga berproduksi nantinya.


"Jadi, si petani, seperti bangun rumah baru, tinggal terima kunci saja. Semua dikerjakan oleh perusahaan mitra," kata dia.

Sebetulnya kata Ihsan, progam PSR mitra penuh ini sangat berdampak terhadap produksi kelapa sawit dan memberikan hasil optimal bagi petani.

Namun, dari 90 ribuan hektare luas kebun sawit plasma dan swadaya yang tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Siak, baru dua kecamatan yang menggandeng perusahaan untuk peremajaan sawit.

"Alasan pastinya kita tidak tahu. Tapi kebanyakan di Siak ini, kebanyakan pakai pola PSR Mandiri dengan melibatkan Gabpoktan, KUD maupun koperasi," kata Ihsan.