Warga Gelar Aksi Blokir Jalan Untuk Mobil Operasional PT SUN

blokir-PT-SUN.jpg
(robi/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Warga tiga desa di Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau  menggelar aksi tutup jalan yang dilalui operasional PT Sinar Nabati Utama (SUN), di Desa Sungai Bawang, Kamis, 25 Maret 2021 dimulai sekitar pukul 9.30 WIB.

Pantauan Riau Online di lapangan sekitar pukul 10.10 WIB tadi ada sekitar lebih kurang puluhan orang yang turun ke jalan melakukan aksi tutup jalan untuk mobil operasiobal PT SUN. Aksi warga tersebut mendapatkan pengamanan ketat pihak kepolisian dan TNI.

Pantauan juga terdapat dua spanduk kiri kanan jalan yang dipasang oleh warga dengan tulisan," Jalan ini ditutup oleh masyarakat untuk kendraan operasional PT SUN".

Salah seorang warga setempat, M Tarso mengatakan, intinya masyarakat sudah ada kesepakatan dengan manajemen PT SUN di mediasi oleh pihak Kecamatan.

"Kesepakatannya mulai tanggal 1-25 Maret 2021 jalan ini dilakukan pengerasan, seharusnya sudah selesai dilalui kendraan operasional dengan kapasitas 30 ton lebih," kata M Tarso yang ikut aksi, Kamis pagi.

Masyarakat lanjut Dia menuntut kesepakatan yang disepakati dan ditandatangani saat rapat di kantor Camat Singingi. " Perusahaan wajib memperbaiki ruas jalan ini, tapi kondisinya seperti ini," katanya mengeluh.

Tadi katanya, ada satu kendraan operasional PT SUN yang lewat langsung putar balik melihat kita ramai disini. "Sampai kini kita belum ada ditemui pihak perusahaan," katanya.

Isi dari kesepakatan tersebut pertama PT SUN diberikan waktu untuk melanjutkan pekerjaan perbaikan jalan Simpang Sambung - Sungai Bawang sampai selesai selambat-lambatnya pada 25 Maret 2021.

Kedua perbaikan sebagaimana dimaksud pada poin 1 harus sesuai dengan standar perawatan jalan yang layak untuk dilalui kendraan operasional perusahaan dengan kapasitas tonase diatas 30 ton.

Ketiga apabila PT SUN tidak melaksanakan ketentuan dalam nota kesepakatan, maka masyarakat menutup akses jalan Simpang Sambung - Sungai Bawang terbatas hanya untuk kendraan operasional PT SUN.

Kesepakatan ditandatangani kedua bela pihak baik dari masyarakat maupun manajemen perusahaan dan diketahui Camat Singingi.