Premium di SPBU Mulai Kosong, Eceran Menjamur

Premium-Habis2.jpg
(istimewa)

Laporan: SAHRIL RAMADANA


RIAU ONLINE, SIAK - Pasokan bahan bakar minyak mulai tersendat ke Kabupaten Siak, Riau. Dua Minggu terakhir, BBM jenis premium atau bensin mulai langka di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU).

Seperti di SPBU Km 5 Kecamatan Tualang. SPBU tersebut sudah satu Minggu lebih tidak menjual premium atau bensin. Ironisnya, di wilayah Kecamatan Tualang malah banyak ditemukan penjual bensin eceran.

"Sudah seminggu lebih bensin kosong di sini. Bahkan, tidak hanya di SPBU ini, di SPBU Km 9 Tualang juga kosong (bensin). Penyebabnya saya tidak tahu," kata Pengawas SPBU Km 5 Kecamatan Tualang, Noni kepada Riauonline, Jumat 25 Maret 2021.

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak, Hendra mengatakan sedikitnya saat ini ada lima SPBU di Siak tidak tersedia premium.

"Ada lima SPBU saat ini kosong bensin. Di Tualang 2, Bungaraya 1 dan masing-masing 1 SPBU di Kandis dan Minas," kata Hendra dihubungi Riauonline.

Hendra mengaku secara persis belum mengetahui penyebab kosongnya premium di lima SPBU tersebut. "Pihak Pertamina juga sampai saat ini, belum memberitahukan penyebab kekosongan itu ke kita. Jadi, belum bisa saya jelaskan secara rinci penyebab kosongnya bensin di lima SPBU tersebut," kata Hendra.

Soal banyaknya ditemukan penjual bensin eceran di wilayah Kecamatan Tualang juga membikin Hendra heran. Soalnya, kata Hendra, premium di dua SPBU wilayah tersebut kosong.

"Nah, kok bisa banyak penjual bensin eceran di sana. Dari mana mereka dapat bensin tersebut. Soalnya, SPBU di sana saja kosong bensin. Apa mereka (penjual bensin) beli dari luar Siak. Saya rasa, itu juga tidak mungkin. Tapi, tak tahu juga ya," ujarnya.