Dinas LHK Dorong Perusahaan Bantu Produk Petani Hutan

petani-hutan.jpg
(wayan)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, Maamun Murod mengatakan, SKK Migas dan PT Chevron telah memberikan modal bantuan usaha kepada UMKM.

Bantuan itu bersumber dari dana CSR yang diberikan kepada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) binaan.

"Ini adalah produk yang dihasilkan oleh kelompok petani hutan yang berada di KPH. Nah yang melakukan pembinaan ini KPH. Sekarang ini kan mengalami stagnan, karena produk ada pemasaran tidak ada," kata Maamun Murod, Rabu, 10 Maret 2021, kepada awak media, di RCC Komplek Kantor Gubernur Riau.

Kata Murod, pembinaan yang dilakukan oleh KPH ini juga bekerjasama dengan Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR).


"Bekerjasama bagaimana kita mendorong agar produk ini bisa dipasarkan. Tentunya kan harus melalui UMKM, nah UMKM ini kan harus dimodali, nah di modalinya oleh PT SKK Migas dan PT Chevron, sementara ini," ujarnya

Pihaknya berharap kedepan ada lagi perusahaan yang akan membantu, setidaknya produk-produk ini segera bisa terjual ke pasaran.

"Kenapa ini, misalnya kan perlu kemasan, itu kan perlu biaya, inilah yang memerlukan dukungan dari CSR yang dikeluarkan dari perusahaan itu," pungkasnya.

Adapun produk yang dihasilkan para petani yakni kopi, pembibitan, pengolahan hasil madu, salai ikan patin, dan produk olahan lainnya.