Legislator Riau Syahrul Aidi Bawa Rp300 Miliar APBN Untuk Indragiri Hilir

aidi.jpg
(istimewa)

RIAUNLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi Mazaat berhasil menyuarakan kebutuhan masyarakat hilir hingga tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, untuk tahun anggaran 2021, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerima limpahan dana dari APBN sebesar Rp300 miliar.

Kucuran APBN itu meliputi kegiatan di bawah Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa dan sumber lainnya.

"Pembangunan infrastruktur yang kita bawa untuk Kabupaten Inhil tahun ini lebih dari Rp300 miliar. Pembangunan itu mencakup pada kegiatan bina marga, cipta karya, Sumber Daya Air, Perumahan, perhubungan darat dan laut yang berada di bawah kemitraan Komisi V DPR RI" kata Syahrul Aidi, Selasa 9 Maret 2021.

Syahrul Aidi diketahui melakukan kunjungan ke Indragiri hilir dan bertemu dengan Bupati Inhil, HM Wardan. Dalam kunjungan tersebut ia mengajak seluruh Balai Kementerian yang merupakan mitra Komisi V DPR RI.

Syahrul Aidi menyebut, besarnya anggaran itu berkat koordinasi banyak pihak. Dia menyebut siap menjadi jembatan komunikasi antara Pemda Se-Riau dengan pihak mitra Kementerian Komisi V.

Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW Riau), Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III, Balai Pengelolaan Jalan Nasional (BPJN), Balai Pengelolaan Transportasi Darat, Basarnas Wilayah Riau, BMKG Riau dan Balatmas Kemendesa adalah beberapa balai kementrian yang ikut serta bersama Syahrul Aidi.


Tidak lupa juga hadir Direktur Alokasi Anggaran BAPPENAS RI, Andi Erwin Dimas yang merupakan putra jati Indragiri Riau ikut pulang kampung.

Untuk mensinkronkan program pembangunan di daerah, Syahrul Aidi rutin membawa balai kementerian mitra Komisi V ke kabupaten dan kota di Riau. Sebelum dia membawa kepala balai tersebut ke Inhil sebelumnya dia telah membawa mereka mengunjungi Kabupaten Kampar dan Kabupaten Siak.

"Kita ingin ada sinkronisasi program, persiapan teknis dan mendiskusikan apa saja program yang tepat ke depannya yang harus kita perjuangkan di senayan," ujar Syahrul.

Ia menyebut siap memperjuangkan aspirasi masyarakat terutama yang terkait dengan tugasnya di komisi V DPR RI termasuk memastikana anggarannya di APBN.

"Sederhananya, pemda yang menyiapkan usulan, balai yang memproses hingga ke kementerian dan saya yang memastikan anggaran tersebut aman di Komisi V DPR RI. Tentu tidak semua program dapat direalisasikan, namun setidaknya kita dapat memperjuangkan skala prioritas setiap daerah" tambahnya lagi.

Bupati inhil, HM Wardan dalam sambutannya sangat berbahagia dengan kedatangan Syahrul Aidi, Erwin Dimas dan juga para kepala Balai mitra komisi V di Kabupaten Inhil.

Ia menyebut sudah lama mengundang Syahrul Aidi ke Kabupaten Inhil, namun urung terlaksana sebab terkendala dengan agenda kedua belah pihak yang padat.

"Hari ini bukan dia saja yang datang tapi dia ajak juga para kepala balai. Ini sungguh luar biasa bagi kami. Apalagi disini ada pak Erwin Dimas yang merupakan putra Indragiri" kata Wardan.

Wardan menyampaikan, atas nama masyarakat Inhil dia mengucapkan terima kasih kepada Syahrul Aidi karena tahun ini sangat banyak program yang masuk ke Inhil melalui mitra kementeriannya. Bupati dan masyarakat Inhuil menyampaikan harapan yang sangat besar kepada Syahrul Aidi atas pembangunan Inhil ke depannya.