BNPB Siapkan 11 Helikopter untuk Penanggulangan Karhutla di Riau

Gedung-BPBD-Riau.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) akan mempersiapkan 11 helikopter dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger, mengatakan, sudah melakukan pertemuan dengan Kepala BNPB untuk meminta bantuan helikopter patrol dan helikopter water bombing.

“Kemarin saya sudah ketemu Kepala BNPB untuk meminta bantuan helikopter patroli dan waterbombing,” ucapnya, Rabu, 24 Februari 2021.

Edward, menambahkan, helikopter yang didatangkan ke Riau nantinya bertahap dan jumlahnya sesuai kebutuhan.

“Kemarin BNPB rencananya mempersiapkan 11 helikopter, tapi itu nantinya sesuai dengan kebutuhan yang ada,” jelasnya.

Khusus kedatangan helikopter water bombing, Edwar Sanger, menjelaskan, memerlukan proses kedatangan yang cukup memakan waktu.


“Karena heli water bombing dari luar negeri, maka kedatangannya cukup memakan waktu, apalagi situasi pandemi tiap negara itu berbeda-beda sehingga , kru yang didatangkan pun harus dipastikan kesehatannya agar tidak membawa Covid-19,” tuturnya.

Seperti yang diketahui, sejak awal tahun 2021, total luas lahan terbakar di Provinsi Riau mencapai 144 hektar, tim gabungan hingga saat ini masih berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kabupaten dan kota yang ada di Riau.