Simak Tips Belajar Ala Duta Fakultas Kedokteran UNRI Novera Mawaddah

tips-belajar.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejak kecil, jika ditanya tentang cita-cita, pasti 98 % anak-anak akan menjawab ingin menjadi dokter. Menjadi seorang dokter memang terlihat membanggakan pastinya. Tapi dari 98 % itu, hanya sepersekian kecil yang benar-benar menjadikan profesi dokter sebagai cita-citanya hingga kemudian berkuliah di Fakultas Kedokteran.


Selebihnya dari angka persentase itu, memilih mundur, entah karena biaya atau hal-hal lainnya seperti rasa insecure didiri sendiri karena merasa tidak mampu dan lain sebagainya.


Nah, bagi temen-temen yang masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA) dan masih bercita-cita ingin menjadi dokter atau juga mungkin bagi temen-temen yang sedang berada di Fakultas Kedokteran semester awal, simak yuk tips belajar ala Novera Mawaddah Khairani ini.

Tips pertama, dalam sehari itu, manusia diberi kesempatan yang sama. Diberi jam yang sama yakni 24 jam. Jika teman-teman masih duduk di jenjang pendidikan, pendidikan apapun itu, entah kedokteran atau lain sebagainya, gunakan rumus 3 : 1 untuk belajar.

“Kalau misalnya aku main-main dalam satu jam, maka aku harus mengganti waktu belajar menjadi tiga jam,” kata Duta Fakultas Kedokteran UNRI 2020 itu.

Jadi pada intinya, apapun yang dilakukan selain untuk belajar, maka wajib mengganti waktu menggunakan rumus 3 : 1. Jika dalam sehari itu dua jam digunakan untuk bermain atau melihat sosial media, maka enam jam digunakan untuk belajar. Begitu seterusnya sesuai rumur 3 : 1.

Tips Kedua dari Vera yang juga berhasil menyabet Duta II UNRI 2020 ini mengatakan, gunakan rumus Senin – Jum’at dan Sabtu – Minggu. Vera menjelaskan sembari tersenyum. Jadi maksud dari rumus Senin – Jum’at, Sabtu – Minggu ini adalah, dari hari Senin hingga Jum’at jangan ada kegiatan apapun selain belajar.

Sedangkan dihari Sabtu dan Minggu, jangan menyentuh pelajaran tapi gunakan untuk hal-hal yang bisa mengembangkan diri seperti jalan-jalan atau lain sebagainya.

Tentu tips kedua ini memiliki hubungan yang erat dengan tips pertama. Dari hari Senin hingga Jum’at jika diisi hanya untuk belajar terus-terusan, tentu akan merasa jenuh. Disitu boleh dalam sejam bermain hp atau ngelakuin hal yang lainnya. Nah, jika sudah, baru deh tiga jam berikutnya kembali belajar.

Wanita yang juga berprofesi sebagai presenter RTV Program Dokter Anda ini juga melanjutkan tips ketiga dari dirinya adalah mencatat hal-hal yang akan dilakukan dalam sehari, termasuk belajar apa saja yang akan dipelajari dalam sehari itu.

“Tips-tips belajar ini aku dapat di semester awal perkuliahan. Di semester pertama bulan pertama itu diajarin cara memanajemen waktu, mengetahui cara belajarnya gimana. Awalnya mikir, kok di FK belajar gini ya, ternyata guna,” pungkas gadis penerima beasiswa penuh dari Rohil ini.