RSUD Arifin Achmad Dipilih Jadi Lokasi Vaksinasi Perdana Covid-19

RSUD-Arifin-Achmad7.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pelaksanan vaksinasi Covid-19 perdana serentak di Provinsi Riau yang akan dilakukan pada Kamis, 14 Januari 2021, bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad (AA).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan pagi ini sudah dilakukan penyaringan terhadap nama-nama yang direkomendasikan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19.

 

Penyuntikan vaksin Covid-19 perdana ini akan dilakukan di RSUD Arifin Ahmad.

 

"Nanti rencananya di RSUD AA," jelas Mimi Yuliani Nazir, Senin, 11 Januari 2021, saat berada di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi.

 

Kata Mimi, tahapan screening untuk 14 nama-nama penerima vaksin perdana sedang dilakukan.

 

"Ya, sekarang ini disounding sudah, cuma kan yang pasti kan setelah screening ini. Pagi ini, kita screening untuk 14 nama-nama, bisa boleh lebih nanti," ujarnya.

 

Pihaknya, menyakinkan proses screening ini selesai hari ini juga.

 

"Screening siang ini selesai," pungkasnya.

 

Sementara itu, Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi menjelaskan proses screening atau penyaringan pejabat dan tokoh masyarakat di Riau yang memenuhi kriteria untuk di vaksin pertama kalinya.

 

Indra Yovi pun menuturkan pejabat dan tokoh masyarakat yang akan diajukan harus memenuhi indikator, dan beberapa list kesehatan.

 

"Indikatornya, macam-macam, sakit gula, gula tinggi, dan sakit sakit lain gak boleh. Ada listnya panjang," kata dr Indra Yovi, Senin, 11 Januari 2021.

 

Kata Yovi, mencontohkan dirinya, kalau memang ternyata tidak masuk kriteria, ya dicoret dulu, baru masuk yang lain pengantinnya, siapa yang memenuhi kriteria.

 

 

"Bagi masyarakat umum, juga sama, akan dicek semua, tidak main suntik-suntik, jadi ada kuesioner, di conteng, ada pernah sakit kanker, punya alergi gak, punya sakit darah tinggi, diperiksa dulu tensinya, segala macam," jelasnya.