Debat Kandidat Pilbup Rohil, Mahasiswa: Kacau Semua, Tidak Punya Konsep

Heri-Kurnia.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Mantan Presiden Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Rokan Hilir (Hipemarohi), Heri Kurnia menilai debat kampanye Pilkada Rohil tadi malam berlangsung tidak menarik dan tidak subtanstif.

"kacau semua itu, nggak punya konsep semua. Hal yang jadi masalah masyarakat dari pertanyaan itu dan yang direspon oleh para kandidat nggak ada satupun yang menunjukkan konsep visi misi selama satu periode ke depan," Jelas Heri kepada Riauonline, Kamis 19 November 2020.

Ia menilai jalannya debat tadi malam terlihat seperti debat kusir yang jauh dari substansi masalah yang tengah diperdebatkan.

Selain itu ia juga menilai para calon tidak menampakkan gairah kepemimpinannya untuk memimpin satu periode kedepan.

"gimana caranya masyarakat optimis memberikan kepercayaan terhadap selama calon satu periode kedepan, kalo beliau-beliau tidak terlihat semangat," ujarnya.

Dalam analisanya hanya pasangan Bupati-Calon Bupati petahana saja yang performanya sedikit lebih baik dibanding yang lain.

"Petahana lah mungkin yang sedikit lebih menyentuh karena mungkin dia sedikit banyak udah tahu persoalan selama menjabat beberapa waktu. Kan udah lama, dari wakil sampai Bupati dilanjut lagi. Mungkin sedikit lebih tau di situ," terangnya.

Diketahui, debat kandidat Bupati-Wakil Bupati masih menyisakan satu kesempatan lagi yakni pada . Heri berharap para Paslon agar segera berbenah.

"Untuk para kandidat ini benar-benar mematangkan konsep visi misi selama satu periode ke depan. Belajarlah dari perdebatan yang tadi malam bahwa masyarakat Rohil hari ini itu menyoroti para kandidat kandidat terbaik untuk dipilih dan dipercaya memimpin Provinsi satu periode ke depan," tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa masalah kesejahteraan masyarakat meliputi sandang, papan, pangan harus disoroti benar oleh para calon.

"Jangka panjang itu nggak muluk-muluk. Kita cuma mau dia sejahterakan kita dari sandang pangan papan kesehatan. Itu saja yang menjadi prioritas calon Bupati, kalau misalkan ini terjalankan mudah-mudahan selanjutnya masyarakat bisa lebih baik."

Meski demikian, ia masih optimis dan berharap calon-calon ini dapat memberi perubahan di Rohil.

"saya optimis lah. Bagaimana nanti ke depan para kandidat yang terpilih ini mampu menjalankan amanah sebaik-baiknya. mudah-mudahan dengan niat yang baik hasilnya baik pula" harapnya.