Kabar Baik, Bengkalis Berhasil Keluar dari Zona Merah Covid-19

Pasien-Corona69.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satu persatu daerah di Provinsi Riau berhasil keluar dari zona merah Covid-19. Setelah sebelumnya Kota Pekanbaru berhasil keluar dari zona merah Covid-19, hari ini, Rabu 18 November 2020 giliran Kabupaten Bengkalis akhirnya berhasil keluar dari zona merah penularan Covid-19.

Dengan demikian, maka saat ini tidak lagi ada daerah di Riau yang berstatus zona merah Covid-19.

"Hari ini tidak ada lagi daerah di Riau yang berstatus zona merah Covid-19, karena bengkalis yang kemarin menjadi satu-satu daerah yang berstatus zona merah, hari ini sudah keluar dari zona merah dan turun ke zona orange," kata ketua perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan, Rabu 18 November 2020.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI, saat ini di Riau masih ada 8 kabupaten kota yang berstatus zona orange, kemudian ada 4 yang sudah masuk zona kuning. Dengan demikian maka hingga saat ini belum ada satu pun daerah di Riau yang sudah turun ke zona hijau.

Delapan kabupaten kota yang masih berstatus zona orange Covid-19 tersebut diantaranya adalah Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Siak, Rohul, Bengkalis, Inhu, dan Rohil serta Kampar.

"Sedangkan untuk yang zona kuning adalah kabupaten kuansing, Inhil, Meranti dan pelalawan," kata Wildan.

Meski tidak lagi ada daerah yang berstatus zona merah Covid-19, dr Wildan tetap meminta kepada seluruh masyarakat Riau agar tidak legah dan abai dalam menjalankan protokol kesehatan. Sebab dalam satu pekan ini trend kasus Covid-19 di Riau mengalami kenaikan.

"Kalau kita lihat memang minggu ini ada kecenderungan, bisa jadi ini karena pengaruh cuti bersama kemarin, mulai terlihat kenaikanya, makanya kita harus waspada satu minggu kedepan ini,"katanya. (*)