IZI Riau Bantu Biaya Sekolah Siswa Kurang Mampu

izi-bantu-uang-sekolah.jpg
(muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Pandemi Covid-19 membuat perekonomian masyarakat menurun, termasuk kesulitan dalam hal biaya sekolah anak. Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau bantu masyarakat kurang mampu untuk membiayai sekolah anak.

Kepala Pendayagunaan IZI Riau, Abdul Ghofur mengatakan, Fitria Eriyanti yang merupakan ibu dari Rahayu mengajukan dana bantuan sebesar Rp 11 juta untuk membayar tunggakan hutang dari kelas satu hingga kelas tiga. Karena dana yang diajukan sangat besar, IZI Riau berinisiatif untuk menggalang dana online di zakatpedia.

“Rahayu ini sekarang udah kelas III di salah satu SMK Jurusan Kesehatan. Dalam satu bulan penggalangan dana, Alhamdulillah terpenuhi,” katanya.

Abdul berujar, uang dari hasil penggalangan dana itu digunakan untuk melunasi tunggakan hutang di sekolah Rahayu, sekaligus melunasi biaya uang ujian akhir dan biaya-biaya pendidikan kedepannya.

Selain itu, dari hasil donasi, digunakan juga untuk membiayai hutan pendidikan adiknya Rahayu yang masih duduk dibangku sekolah dasar.

“Kami juga memberikan bantuan modal kepada Ibu Fitria agar bisa membantu perekonomiannya,” ujarnya.

Mendapat bantuan dari IZI Riau, Fitria mengaku senang dan sangat berterimakasih. Selama ini, dirinya yang hanya seorang single parent berusaha semaksimal mungkin untuk pembiayaan pendidikan anak-anaknya, tapi tidak juga tercukupi.

“Alhamdulillah ada donatur yang membantu melunasi semua hutang anak saya di sekolah,” ujar Fitria yang kesehariannya sebagai buruh cuci dan setrika pakain dari rumah ke rumah.