Cegah Covid-19, Kwarcab Pekanbaru Bagikan Masker di Pasar Tangor

pramuka-bagi-masker.jpg
(Lukman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan pramuka dari Kwartir Cabang Kota Pekanbaru melakukan kegiatan bagi-bagi masker kepada pedagang dan pengunjung di Pasar Tangor, Kecamatan Tenayan Raya, Ahad 8 November siang. Kegiatan yang dibarengi sosialisasi pentingnya pencegahan Covid-19 tersebut juga diikuti unsur pimpinan Kecamatan Tenayan Raya dan TNI/Polri.

Ketua Kwartir Cabang Kota Pekanbaru, Masykur yang ikut langsung dalam kegiatan sosial tersebut mengungkapkan, kegiatan sosial ini untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat terkait pelaksanaan protokol kesehatan. Sehingga masyarakat ikut serta mencegah penyebaran Covid-19.

"Tujuan kita untuk membantu pemerintah dalam memberi pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat. Apalagi akhir-akhir ini sebagaimana kita ketahui penularan Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan," ujar Masykur.

Dikatakannya kegiatan sosial bagi-bagi masker tersebut juga sejalan dengan imbauan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka untuk membantu pemerintah melakukan gerakan sosial tersebut. Sehingga diharapkan timbul kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mencegah penularan virus covid-19.

Masykur menambahkan, cara efektif mencegah Covid-19 adalah menerapkan 4M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Memakai masker ini wajib, apapun kondisi pakailah masker. Kedua mencuci tangan, karena potensi penularan sangat besar dari sentuhan tangan. Kita juga tidak tahu apa yang kita sentuh dan orang lain sentuh, maka seriuslah cuci tangan," jelasnya.