Sebanyak 791 Warga Kuansing Sudah Jalani Test Swab, 11 Positif Covid-19

Swab3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing sebanyak 791 orang warga di Kabupaten Kuansing telah menjalani test swab sejak munculnya kasus positif Covid-19 di Kuansing. Dari jumlah tersebut 11 orang swabnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sebenarnya total ada 12 orang yang konfirmasi positif Covid-19 di Kuansing. Tapi ada satu orang itu hasilnya swabnya dari Kabupaten Dharmasraya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kuansing, Jumardi, Kamis, 30 Juli 2020 kemarin.

Dari 12 jumlah kasus terkonfirmasi positif tersebut, sebanyak 11 orang telah dinyatakan sembuh. Dan tinggal satu lagi yang dirawat di RSUD Teluk Kuantan. Dia adalah HBA (10) laki-laki asal Pucuk Rantau.

Jumardi mengatakan, satu kasus konfirmasi positif tersebut merupakan hasil swab dari Kabupaten Dharmasraya. HBA (10) diduga tertular dari guru ngajinya.

"Hasil tracing dari HBA ini ada 57 orang yang dilakukan swab termasuk 4 anggota keluarnya yang tinggal serumah dengan pasien ini," kata Jumardi.

Namun dari hasil pengumuman Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin, hasil swab 57 orang asal Pucuk Rantau semuanya Negatif Covid-19.

Kemudian dilanjutkan Jumardi, dari awal munculnya kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kuansing total keseluruhan warga yang menjalani swab sebanyak 791 orang. Mereka yang menjalani swab merupakan hasil tracing yang dilakukan Dinas Kesehatan dengan Puskesmas setempat. 

 

Dia beraharap, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Pucuk Rantau diharapkan menjadi kasus terakhir di Kabupaten Kuansing. Dihimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan rajin mencuci tangan serta menjaga jarak.