Asyik, Mahasiswa Gratis Ikuti Rapid Test di Seluruh Puskemas di Pelalawan

Ilustrasi-SWAB-test3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Pemkab Pelalawan memberikan kebijakan untuk menggratiskan rapid tes untuk mahasiswa. Mahasiswa diperkirakan akan kembali melaksanakan perkuliahan baik di dalam atau, di luar Provisi Riau hingga ke luar negeri dalam waktu dekat.

 

Rapid test bisa dilakukan di Puskesmas terdekat dan tidak dikenakan biaya.

"Bagi mahasiswa kita yang ingin kembali kuliah, silahkan rapid test di Puskesmas. Gratis alias tanpa biaya," tutur tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTTP) Covid-19 Pelalawan, Asril.

Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan ini menyebutkan, para mahasiswa itu harus mengantongi Surat Keterangan (Suket) sehat untuk bisa melakukan perjalanan darat maupun udara ke luar Riau.

Langkah penanggulangan dan pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus diupayaka Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTTP) Covid-19 hingga Bulan Juli ini.


Pasien terkonfirmasi positif hingga Minggu 5 Juli 2020 masih nihil sejak pasien terakhir dari Desa Balam Merah Kecamatan Bunut dinyatakan sembuh pekan lalu.

Demikian juga dengan Pasien Dibawah Pengawasan (PDP) masih nol dan tidak ada penambahan kasus sejak dua pekan lalu.

"Yang kemarin positif itu masuk data Pekanbaru bukan Pelalawan. Memang informasinya ingin mencari kerja kesini tapi belum sempat masuk wilaya kita," ungkap juru bicara GTPP Covid-19 Pelalawan, H Asril Minggu 5 Juli 2020.

Asril menjelaskan, ada beberapa kasus sama yang terjadi belakangan ini.

Para pekerja yang ingin masuk ke Pelalawan, terlebih dahulu menjalani pemeriksaan swab di Pekabaru.

Ternyata hasilnya menunjukan positif corona dan menjalani isolasi serta pangobatan di Pekanbaru. Hal ini sesuai dengan permintaan Pemda kepada seluruh perusahaan yang beroperasional di Pelalawan untuk melakukan swab test dulu sebelum diterima bekerja di Pelalawan.