5 Bahan Dapur Ini Berkhasiat Tingkatkan Imun Tubuh

jahe.jpg
(net)

RIAUONLINE - Hidup di masa pandemi mengharuskan kita untuk terus menjaga dan menguatkan imunitas tubuh agar tak mudah tertular penyakit, khususnya virus corona penyebab sakit Covid-19.

Menguatkan imunitas tubuh bisa didapatkan dari mana saja, termasuk dari apapun yang kita asup seperti rempah atau bumbu di rumah.

Rempah-rempah telah dikenal sejak dahulu akan manfaatnya pada kesehatan tubuh. Dikutip dari Medical Daily, berikut adalah 5 rempah-rempah yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dan mudah ditemukan di rumah:

1. Kunyit

Selain dapat meredakan nyeri haid, kunyit asam menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Kandungan curcumin dalam kunyit membuatnya memiliki efek antimikroba dan antioksidan yang bisa menghentikan pertumbuhan mikroba dan bakteri. Sehingga Anda bisa terhindar dari risiko sariawan di usus, meningkatkan imunitas tubuh, dan juga mencegah Anda tertular malaria.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah superfood yang bisa mengatasi demam, badan menggigil, memiliki kandungan antiviruis, dan bahkan mengatasi hidung tersumbat. Terlebih lagi, jahe bisa menyembuhkan radang tenggorokan dan diketahui memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi.

3. Merica

Merica diketahui bisa mencegah sinusitas dan hidung tersumbat karena kandungan ekspektoran yang membantu memecah lendir dan mukus dalam saluran pernapasan yang terinfeksi. Selain itu, merica juga memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi.

4. Bawang putih

Bawang putih disebut sebagai salah satu stimulan imunitas tubuh yang sangat efektif. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antijamur dan antimikroba.

5. Sereh

Sereh bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya. Sereh juga bisa digunakan untuk mengatasi demam dan gejala flu sekaligus infeksi saluran kencing dan perut.

Artikel ini sudah tayang di Suara.com