Jalur Pindah Orangtua Pada PPDB SMK di Kuansing Belum Terisi

kepsem-smk.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Hari ini Kamis, 25 Juni 2020, merupakan hari terakhir pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk SMA dan SMK di Provinsi Riau termasuk Kabupaten Kuansing.

Namun dari empat jalur pendaftaran yang disiapkan Pemerintah Provinsi Riau pada PPDB online tahun ini, salah satunya ada kuota 5 persen untuk jalur pindah tugas orang tua.

"Untuk pendaftaran PPDB online di SMK jalur pindah tugas orang tua ini rata-rata belum ada terisi," ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kabupaten Kuansing, Arman Yulis, Rabu, 24 Juni 2020.

Arman mengatakan, untuk pendaftaran PPDB online tahun ajaran 2020/2021 ada empat jalur yang disiapkan. Pertama jalur tempatan, jalur afirmasi (siswa kurang mampu), jalur perpindahan tugas orang tua wali, dan jalur prestasi (akademik dan non akademik).

"Dari empat jalur ini hasil pemantauan kita di website ada satu jalur rata-rata ini belum ada terisi yakni jalur perpindahan tugas orang tua/wali," kata Arman.

Menurutnya, apabila jalur ini tidak terisi sampai pukul 00.00 WIB nanti ditutupnya pelaksanaan PPDB online maka bisa diisi oleh peserta dari jalur lain. "Kalau tidak terisi kemungkinan bisa diisi oleh peserta yang daftar pada jalur lain," katanya.

Arman mengatakan, pelaksanaan PPDB online tingkat SMK di Kuansing masih berjalan lancar. "Hanya hari pertama lalu ada kendala, setelah itu sampai kini lancar," katanya.

Diberitakan sebelumnya, di Kuansing, ada sekitar 12 SMK Negeri yang membuka pendaftaran di PPDB online. 12 SMK Negeri tersebut memiliki daya tampung 67 rombongan belajar. Dan bisa menampung sekitar 2.446 calon siswa.

Berikut tata cara pendaftaran PPDB online :

1. Masukan nomor UN dan NISN
2. Memilih kurikulum sesuai data peserta
3. Menggunggah SKL dan mengisi nilai ujian sekolah
4. Memilih jalur penerimaan
5. Mengisi dan mengunggah dokumen persyaratan (jika ada)
6. Memilih sekolah yang diinginkan
7. Mimilih jurusan (maksimal tiga pilihan sesuai sekolah yang dipilih)
8. Mencetak bukti pendaftaran
9. Menunggu hasil pengumuman di web ppdbriau.net

Berikut langkah-langkah pendaftaran yang harus diikuti calon siswa apabila mendaftar di SMKN 2 Teluk Kuantan :

1. Pendaftaran dilakukan secara online mulai website https://ppdbriau.net

2. Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 17 – 25 Juni 2020 selama 24 jam

3. Pengumuman Kelulusan tanggal 26 Juni 2020 melalui website https://ppdbriau.net

4.Persiapkan semua persyaratan pendaftaran dan semua persyaratan di poto atau scan dengan jenis/format file bisa berupa fhoto (jpg, jpeg, png) atau PDF dengan ukuran dibawah 2 MB dan hasilnya harus jelas

5. Download Surat Keabsahan(Keaslian) Dokumen untuk di isi dan di tanda tangani Orang Tua/Wali dengan materai 6.000 serta di Upload ketika melakukan pendaftaran.