Kukerta di Rohil, Mahasiswa Relawan Covid-19 Unri Bantu Pembuatan Masker Kain

kuekrta-rohi.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, ROHIL - Tim Kukerta Relawan Covid-19 UR di Desa Bukit Damar, Kecamatan Simpang Kanan, Rokan Hilir membantu salah seorang penjahit rumahan dalam menambah stok masker di pasaran.

Tim yang beranggotakan Muhammad Arisandi, Firda Nur Nadilla, dan Leni Anggraini ini membantu penjahit Inut. Dari Inut, para mahasiswa mendapatkan berbagai pengalaman baru.

Bersama Inut, mahasiswa setidaknya membantu pembuatan 100 masker tambahan untuk dibagikan kepada warga sekitar yang belum mendapat masker.

Saat membantu membuat masker tim Kukerta relawan UR berbincang mengenai pembuatan masker tersebut. Mereka membicarakan terkait jenis kain yang dibuat untuk masker.

"Tidak semua jenis kain dapat digunakan untuk membuat masker. Salah satu jenis kain yang bisa digunakan untuk pembuatan masker yaitu kain katun. Karena bahannya lembut untuk kulit dan mengurangi terjadinya alergi atau iritasi pada kulit," kata Arisandi menirukan penjelasan dari Inut, Rabu, 24 Juni 2020.

Dalam membuat masker, tidak ada hal yang menyulitkan, hanya saja untuk menyesuaikan ukuran masker harus membuat dua pola berbeda dan menggunting nya secara terpisah.

Tim Kukerta relawan membantu menggunting pola dan menjahit kain yang akan dibuat masker dengan di ajarkan terlebih dahulu oleh Inut. Setelah itu, mereka memeriksa dan merapikan masker yang telah selesai di jahit.

"Dengan dibuatnya masker kain ini semoga dapat menekan penyebaran virus corona di Desa Bukit Damar, Kecamatan Simpang Kanan ini," kata Arisandi.