Dinkes Kuansing Adakan Alat Sanitarian KIT Anggaram Rp 2,1 Miliar

apd-puskesmas.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing, Riau melalui Dinas Kesehatan Kuansing melakukan pengadaan Alat Sanitarian KIT untuk 21 Puskesmas. Lelang alat sanitarian KIT tersebut telah tayang di LPSE Kabupaten Kuansing dengan pagu sebesar Rp 2,1 Miliar lebih.

"Dari 25 jumlah Puskesmas di Kuansing, baru 4 Puskesmas memiliki alat Sanitarian KIT. Sisanya masih ada 21 Puskesmas yang belum memili alat ini," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Aswandi, Minggu, 21 Juni 2020.

Aswandi mengatakan, alat sanitarian KIT tersebut merupakan sejenis alat kesehatan lingkungan dengan kegunaan bisa untuk pemeriksaan kualitas makanan, minuman dan pemeriksaan tingkat kebisingan.

"Misalnya untuk uji kebisingan ada pabrik disekitar Puskesmas itu bisa dilakukan pengujian melalui alat ini, apakah pabrik itu menggganggu atau tidak terhadap pemukiman masyarakat dan Puskesmas," katanya.

Menurut Aswandi, alat ini sangat berguna terutama untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat di setiap Puskesmas yang ada dan untuk memastikan kualitas air dan makanan masyarakat bersih.