Kukerta Di Meranti, Tim Relawan Covid-19 UR Semprot Disinfektan

Kukerta-UR.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, KEPULAUAN MERANTI - Tim Relawan Kukerta Covid-19 Universitas Riau Desa Banglas Barat, Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti bergerak aktif dalam pengabdian kepada masyarakat Kepulauan Meranti.
 
Hal tersebut dibuktikan dengan penyemprotan disinfektan di sejumlah sarana umum di Desa Banglas Barat, Rabu, 17 Juni 2020, yang dihadiri oleh Kepala Desa, Asnawi Nazar, anggota tim PKH Ridwan, tim desa siaga hingga perangkat desa lainnya.
 
Tim yang beranggota Benny, Ikhsan, Dewi, Suci ini melakukan penyemprotan dengan tujuan pencegahan dan langkah antisipasi penularan corona virus disease (Covid-19). 
 
Kegiatan ini diawali dengan pembuatan cairan disinfektan di halaman kantor desa Banglas Barat, kemudian penyemprotan pertama dilakukan di musholla yang letaknya bersebelahan dengan Kantor desa. 
 
Lalu, dilanjutkan hingga masjid dan musholla lainnya yang ada di desa Banglas Barat. 
 
Tidak hanya melakukan penyemprotan disinfektan, mahasiswa dan desa siaga juga turut membersihkan lingkungan masjid atau musholla yang didatangi agar kebersihannya tetap terjaga. 
 
Selain menyemprot disinfektan, mahasiswa juga menyempatkan sosialiasi mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan sebagai tindakan waspada selama pandemi Covid-19.
 
Salah seorang anggota tim, Ikhsan mengatakan, usai menyemprot disinfektan, mahasiswa bersama tim siaga desa juga membagikan bibit Abate ke rumah masyarakat di desa Banglas Barat.
 
"Pembagian bibit dilakukan guna mencegah peningkatan perkembangbiakan nyamuk terutama dikala memasuki musim hujan seperti saat ini," ujar Ikhsan, Kamis, 18 Juni 2020.
 
Kepala Banglas barat menuturkan, kerjasama seluruh perangkat desa termasuk juga masyarakat desa banglas barat dalam menjaga lingkungan terutama pada masa pandemi corona virus disease 2019 ini sangat diperlukan.
 
"Kegiatan ini bagus untuk mencegah penyebaran virus. Berjalan baik sesuai dengan rencana. Inisiatif dari adik-adik bagus, mereka relawan kompak. Tetap semangat ya, mantap. Semangat terus lawan COVID-19", kata salah seorang tim Desa Siaga Banglas Barat, Siti Rohmah.
 
Salah seorang anggota tim lainnya, Suci menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan pihaknya dalam beberapa waktu belakangan.
 
"Sebelumnya, kami juga sudah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara membuat hand sanitizer sendiri, dan kedepannya akan ada lagi kegiatan kami untuk masyarakat disini," tutupnya.