Baznas Siak Ikuti Rakornas Bahas Percepatan Penanganan Covid-19

baznas.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Pimpinan Baznas Kabupaten Siak bersama Baznas Kabupaten dan Kota se- Indonesia, gelar Rapat koordinasi dengan Baznas Pusat melalui Vidio Confrence, terkait penanganan Percepatan Covid-19.

Diawal sambutannya, Ketua Baznas Pusat Prof.Dr.H.Bambang Sudibyo.MBA.CA. dihadiri juga oleh Wakil ketua Baznas pusat dan kabupaten Kota Se-Indonesia, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI,Kepala BNPB /Ketua Covid 19 Letjen TNI,Doni Monardo Dirjen Penaganan Fakir Miskin Kemensos RI, meyampaikan bahwa baznas merupakan salah satu lembaga yang dapat dipercaya di Indonesia. "Maka kita perlu meningkatkan dan tanggap dalam penanganan bencana dan kemaslahatan umat di Indonesia terutama pada masa pademi covid 19 ini," Jelas Bambang Sudibyo saat membuka Rokornas Baznas melaui Video comfrence Rabu (10/06/20).

"Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, sangat mengganggu kehidupan dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, Seluruh Baznas Se-Indonesia yang berjamlah 534 Lembaga Baznas harus menentukan anggaran untuk menangani kasus Covid-19 tersebut," sebutnya.

Baznas pusat dan LAS telah mengkucurkan dana dan penanganan Covid 19 sudah mencapai 250.601.953.533 yang digunakan untuk tiga kluster penyaluran yaitu (ODP,PDP, Pemulasaran Jenazah, Pasien Covid, Bantuan Tunai, Sembako dan Bantuan UMKM).


"Kami mengingatkan agar dalam pelaksanaan penanganan Covid-19 harus sering berkoordinasi dengan gugus tugas di daerahnya masing-masing dengan tujuan percepatan penaganan covid 19 itu sendiri."

Diawal penjelasan oleh Ketua Baznas kabupaten Siak H.Abdul Rasyid Suharto Pua Upa.M.Ed. yang didampingi oleh 4 orang komisioner menyampaikan Bahwa Baznas Kabupaten Siak telah berkoodinasi dengan pihak Pemda Siak, dan Gugus Tugas covid 19,sejak awal februari hingga Mei telah mengkucurkan dana untuk penganangan Covid 19 di Kabupaten Siak sejumlah 3,44 Milyar.

Dana tersebut diperuntukkan untuk membantu Peralatan kesehatan seperti (Baju APD Hasmat,Masker, Face Shield,Handscoon), selanjutnya Baznas Labupaten Siak juga telah membarikan Bantuan berupa Bantuan Pangan(Limbako) sejumlah 8.561 KK.

Untuk kedepannya, mengingat banyaknya masyarakat kita selama masa pademi covid 19 ini terkena dampak ekonomi yang cendung menurun, maka kita akan melalukan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya yang muslim dengan pola produktif dititik beratkan kepada UMKM.