Wow, Harga Biji Coklat Kering di Kuansing Melejit Hingga Rp 25 Ribu Per Kilogram

Biji-Coklat.jpg
(istimewa)
RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Meskipun di Kuansing tanaman coklat ini belum menjadi komoditi unggulan, namun soal harga cukup tinggi. Terbaru harga biji coklat yang sudah dikeringkan cukup mahal mencapai Rp 25 ribu perkilogram.

Eef salah seorang pengumpul biji coklat asal Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik mengatakan, kini harga biji coklat  Rp 24-25 ribu per kilogram.

"Kita khusus mengambil biji coklat yang sudah dikeringkan, kita ambil Rp 24-25 ribu per kilogram," ujar Eef, Jumat, 5 Juni 2020.

Sebagai pengumpul, katanya, dirinya memang jarang mengambil biji coklat yang masih basah. Karena menurutnya, apabila masih basah banyak susut apabila dijual lagi. "Kalau lembab-lembab sikit bisa la, kita keringkan lagi, kalau basah betul kita tidak bisa ambil," ujarnya.

Kini, kata Eef, buah coklat lagi belum musim. biasa kalau musim itu bisa dapat 700 kilo dari petani. "Kalau kini 300 kilo kadang susah, karena buahnya betul belum musim," katanya.

Disampaikan Eef, buah coklat ini ada musim-musimnya. Apabila sudah datang musim buah-buahan didaerah kita terutama musim durian, musim buah rambai dan buah lainnya itu coklat melimpah. "Kalau sekarang belum musim," katanya.