Kemunculan Buaya Di Sungai Kuantan Jadi Tontonan Warga

buaya.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kemunculan buaya di Sungai Kuantan di Desa Pebaun Hilir, Kecamatan Kuantan Mudik, Kuansing, Riau menjadi tontonan warga sekitar. Munculnya hewan melata berukuran besar tersebut kini tengah viral di media sosial facebook.

Dari keterangan Kades setempat, buaya tersebut sering muncul sejak satu bulan terakhir. Buaya berukuran cukup besar ini sering muncul dan naik kedaratan di pulau yang berada di daerah ujung kampung atau sering disebut daerah lubuak di aliran Sungai Kuantan masuk wilayah desa Pebaun Hilir.

"Daerah yang steril di sepanjang aliran sungai kuantan tidak banyak lagi, mungkin karena di daerah lubuak ini masih belum terjamah oleh penambangan emas ilegal, maka buaya ini sering muncul di sana," ujar Kepala Desa Pebaun Hilir, Alpines, Minggu, 31 Mei 2020.

Menurut Alpines, sebelumnya buaya ini jarang sekali menampakan diri. Kalaupun muncul biasanya hanya sebentar tidak sama dengan yang sekarang selalu muncul sejak sebulan terakhir.

"Sebulan terakhir selalu muncul, mungkin masa kawin mencari tempat untuk bertelur kita juga tidak tahu," katanya.

Selain sering menampakan badan muncul dari dalam sungai, kata Kades, buaya ini juga tidak segan-segan untuk naik kedarat, sehingga sering jadi tontonan warga sekitar.

"Sekarang masih satu ekor yang sering nampak, kita tidak tahu ada berapa ekor di daerah lubuak ini," katanya.

Karena disampaikan Kades, dulu ada satu ekor yang cukup besar pernah muncul di bagian hulu sungai kuantan dan kini lokasi tersebut tengah ada aktivitas dompeng.

"Dulu ada yang besar, kini kita tidak tahu ke mana perginya," kata Kades.

"Kalau berapa ekornya kita juga tidak tahu, karena belum ada yang melihat dua sampai tiga ekor. Yang muncul selalu satu ekor," pungkasnya.

Meskipun belum ada warga yang terganggu dengan keberadaan buaya tersebut, namun Kades menghimbau warganya untuk tetap berhati-hati saat mandi di sungai kuantan.