Studi Menyebutkan Memelihara Tanaman Baik Untuk Kesehatan Tubuh

bertanam.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Memelihara tanaman di pot maupun berkebun di rumah kini menjadi hal yang digemari banyak anak muda. Rupanya, kegemaran itu dapat berkontribusi baik bagi kesehatan.

Penelitian baru mengungkapkan bahwa orang yang secara teratur menghabiskan waktu di kebunnya sendiri lebih cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik dan kesejahteraan secara keseluruhan daripada mereka yang tidak.

Dilansir dari Medical Daily, penelitian dilakukan oleh tim peneliti dari University of Exeter di Inggris dan Royal Horticultural Society, sebuah badan amal Inggris.

Dimuat dalam jurnal Landscape and Urban Planning, temuan-temuan studi menggarisbawahi tentang pentingnya memiliki ruang hijau kita sendiri untuk kesejahteraan tubuh dan pikiran.

"Studi kami adalah salah satu yang terbesar hingga saat ini untuk melihat manfaat dari kebun dan berkebun secara khusus," kata Dr. Siân de Bell, penulis utama studi ini dari University of Exeter Medical School.


"Temuan kami menunjukkan bahwa sementara dapat mengakses ruang luar, seperti taman atau halaman, adalah penting, menggunakan ruang itulah yang benar-benar mengarah pada manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan," tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa jika orang-orang yang memiliki ruang pribadi sendiri berarti ada kemungkinan lebih tinggi untuk menjadi satu-satunya orang di sana, yang berarti mereka dapat menggunakannya dengan cara yang mereka inginkan.

Dengan demikian, memiliki kebun sendiri memungkinkan orang untuk membuatnya dengan cara yang disukainya, dengan demikian membantu mereka secara positif.

Sebelumnya, hubungan antara manfaat kesehatan dan ruang hijau, yang merupakan area terbuka di mana banyak tanaman, telah didokumentasikan.

Banyak penelitian pun telah membuktikan berulang kali bahwa menghabiskan waktu di dekat alam itu baik untuk kesehatan tubuh. Itulah sebabnya jalan sore di taman sangat dianjurkan untuk membantu memastikan kondisi tubuh dalam kondisi prima.

Artikel ini sudah tayang di Suara.com