Pandemi Covid-19, Tim Firefighter RAPP Terus Siaga Karhutla

tim-pemadam.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI – Meski di tengah pandemi global corona virus disease (Covid-19), tim pemadam kebakaran (Fire Fighter) PT Riau Andalan Pulp and (RAPP) terus tingkatkan kewaspadaan. Kondisi ini bertepatan dengan Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau yang berlangsung mulai 11 Februari hingga 31 Oktober 2020 mendatang.

Fire Manager RAPP, Yuneldi mengatakan para personil Fire Emergency Response Team (FERT) masih memaksimalkan upaya pencegahan dan patroli karhutla seperti memantau kondisi titik panas (hotspot) melalui kamera pantau jarak jauh (CCTV) yang berada di sekitar area konsesi perusahaan dan sekitarnya.

“Tidak ada perubahan dalam pekerjaan, namun kita tetap memgikuti protokol penanganan Covid-19 selama berpatroli, seperti memakai masker, menjaga jarak dan menerapkan pola hidup sehat,” ujarnya ketika ditemui pada apel siaga memperingati Hari Fire Fighter se Dunia (International Firefighters Day), Senin (4/5) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Dia menjelaskan saat ini FERT RAPP memiliki 984 personil, 521 pompa, sekitar tiga ribu selang, dan 30 unit mobil. Perusahaan juga membangun 39 menara pengawas dan mengoperasikan lebih dari 20 unit pesawat tanpa awak atau drone untuk memantau wilayah operasional.

Tak hanya itu, Yuneldi menambahkan para personil pemadam tersebut juga dilengkapi dengan armada udara, air dan darat antara lain helikopter, airboat, speedboat, sepeda motor dan mobil patroli.

“Dengan semua peralatan tersebut kami selalu siaga jika terjadi kebakaran di wilayah konsesi dan sekitarnya. Para personil juga sudah terlatih untuk menjadi tim siaga cepat dalam melakukan pemadaman karhutla,” pungkasnya. (rls)