Baznas Kuansing Kembali Salurkan 2.012 Paket Sembako untuk Warga

Baznas-Kuansing-salurkan-paket-sembako.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau kembali menyalurkan ribuan paket bantuan sembako kepada warga Kuansing.

Bantuan disalurkan kepada warga kurang mampu bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan kedua ini akan disalurkan mulai minggu depan.

Bantuan paket sembako ini anggarannya berasal dari zakat yang dibayarkan oleh Aparatur Sipil negara (ASN) dilingkungan Pemkab Kuansing dan instansi lainnya termasuk pengusaha hingga pedagang dan masyarakat lainnya.

"Bantuan kedua ini akan disalurkan kepada 2.012 warga kurang mampu. Ini merupakan paket bantuan sosial terdampak Covid 19," ujar Ketua Baznas Kuansing melalui Wakil I Bidang Pengumpulan, Darwis kepada Riau Online, Kamis, 7 Mei 2020.

Darwis mengatakan, jumlah penerima paket bantuan sosial terdampak Covid 19 sama dengan jumlah sebelumnya sebanyak 2.012. Hanya saja warga yang dapat bantuan pertama lalu tidak lagi dapat bantuan yang kedua ini.

"Bagi warga yang sudah dapat bantuan awal Ramadhan lalu, mereka tidak lagi dapat bantuan untuk yang kedua ini," ujar mantan Kades Bandar Alai Kari ini.

Bantuan paket sembako kedua ini kata Darwis, ada beras, sarden, ada gula, susu, dan minyak makan. Memang bantuan kedua ini lebih kecil paketnya dibanding yang pertama lalu.

Bantuan paket sembako pertama merupakan paket Ramadhan yang disalurkan awal Ramadhan lalu berupa beras, susu, gula, sarden, sirup, telur dan minyak. "Jumlah penerima tetap sama sebanyak 2.012 orang," katanya.

Total lebih 4 ribu warga kurang mampu bukan penerima PKH dibantu paket sembako oleh Baznas Kabupaten Kuansing. Untuk bantuan kedua rencana minggu depan sudah didistribusikan kepada warga.

Data penerima kata Darwis, Baznas bekerjasama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat Kecamatan dan Pemerintahan Desa. Termasuk juga mendistribusikan bantuan paket sembako tersebut supaya tepat sasaran.

"Setiap desa ada warga yang dapat bantuan paket sembako ini, untuk penduduk 2 ribu kebawah itu jumlah penerima 8 perdesa, penduduk 2-3 ribu jumlah penerima 11 perdesa, dan jumlah penduduk 4 ribu jumlah penerima 14 perdesa," katanya.

Selain memberikan paket sembako, Baznas juga telah mendistribusikan sebanyak 30 ribu masker disumbangkan baik kepada rumah sakit, pemerintah, dan kepada warga yang kesulitan dalam mendapatkan masker.  

Darwis mengajak kepada pengusaha dan pedagang serta masyarakat mari bayar zakat ke Baznas Kuansing supaya  pengelolaan lebih profesional dan merata disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

 

-->