Sutradara Joko Anwar Kaget Suara Letusan Gunung Anak Krakatau Sampai ke Rumahnya

Foto-letusan-gunung-Anak-Krakatau-di-Selat-Sunda.jpg
([ANTARA FOTO/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat/pras])

RIAU ONLINE, BANDUNG-Sutradara film Janji Joni, Joko Anwar mengaku kaget saat mendengar letusan Gunung Anak Krakatau di rumahnya di Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Padahal Gunung Anak Krakatu berada di Selat Selat Sunda dalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Suara erupsi Gunung Anak Krakatau kedengeran sampai Tanah Kusir," kata sutradara film Joko Anwar melalui akun twitternya.

Warga Depok, Jawa Barat Aris (33) mengaku mendengar suara dentuman yang diperkirakan berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau hingga pukul 02.00 WIB.

"Letusan Gunung Anak Krakatau jelas banget suaranya ini sampai Depok," kata Aris kepada Suara.com, Sabtu 11 April 2020.

Bahkan sebelumnya, warganet juga ramai membahas suara dentuman di media sosial yang mereka duga ada hubungannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau tersebut.

 Terkait hal tersebut, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyebut suara dentuman yang ramai dibahas di media sosial bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

"Saya sudah konfirmasi petugas pos pengamatan, mereka tidak mendengar karena letusannya juga kecil," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Hendra Gunawan dihubungi di Jakarta, Sabtu 11 April 2020.

Menurut dia, erupsi gunung yang terletak di Selat Sunda dalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung itu hanya mengeluarkan semburan ketinggian berkisar 500 meter.

Ia menyebut letusan yang terjadi pada Jumat 10 April 2020 malam juga bukan merupakan letusan eksplosif dan hanya semburan.

"Biasanya dalam jarak dua kilometer, kedengaran hanya suara desis saja," ujarnya pula. (Antara). Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->