Untuk Keselamatan, DPRD Minta Pemkab Kuansing Segera Lengkapi APD Tenaga Medis

Petugas-kesehatan-pakai-jas-hujan.jpg
(IDN Times)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kuantan Singingi (Kuansing), Riau berharap Pemerintah Daerah (Pemda) segera melengkapi Alat Pelindung Diri (APD) seluruh tenaga medis yang ditugaskan untuk penanganan Covid 19.

"Memang kendalanya itu, istilahnya memang sudah umum mengalami keterbatasan APD. Kita akan terus desak Pemda supaya bisa melengkapi APD untuk tenaga medis ini," ujar Wakil Ketua DPRD Kuansing, Jufrizal dihubungi Riau Online, Kamis, 9 April 2020.

Meskipun sudah ada beberapa partai politik yang membantu APD untuk tenaga medis, menurut politisi Gerindra ini tentunya sesuai dengan kamampuan partai masing-masing.

Sementara partai Gerindra sendiri katanya saat ini juga sudah memesan APD termasuk baju yang diperlukan untuk tenaga medis yang berada digarda terdepan dalam penanganan wabah Covid 19 ini.

"Disamping pemerintah kita partai Gerindra juga ikut andil," kata Jufrizal.

Kami Dewan kata Jufrizal, siap memperjuangkan apapun kebutuhan tenaga medis dan termasuk kebutuhan masyarakat yang terkena dampak dari wabah Covid 19 ini. "Walaupun nanti kegiatan di DPRD dialihkan untuk ini," katanya.

Dia berharap keselamatan tenaga medis harus diutamakan dan nantinya akan berimbas terhadap keselamatan masyarakat juga.

"Puskesmas ajukan apa saja kebutuhan, terutama APD ini," katanya.

Menanggapi kekurangan APD tenaga medis, anggota DPRD Kuansing Sastra Febriawan juga berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan keselamatan tenaga medis dalam melakukan penanganan Covid 19.

"Karena tenaga medis ini memang sangat rentan, pemerintah harus menyiapkan dan memperhatikan APD untuk mereka yang bertugas ini, apalagi tenaga medis berada digarda terdepan," kata Sastra, Kamis siang.

Memang saat ini terjadi kelangkaan terhadap Alat Pelindung Diri (APD). Hal itu membuat Puskesmas yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau harus menggunakan jas hujan sebagai tameng dalam penanganan Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi mengakui, rata-rata petugas di Puskesmas saat ini menggunakan jas hujan akibat terjadinya kelangkaan APD. "APD langka daripada yang langka," ujar Helmi, Rabu, 8 April 2020.

Petugas Puskesmas terpaksa menggunakan jas hujan sebagai pengganti APD, meskipun memiliki resiko yang cukup besar."Itu ada direkomendasikan," terang Helmi.

-->