Alat Tes PCR Senilai Rp7 Miliar Segera Tiba, Riau Tidak lagi Kirim Swab ke Labor Jakarta

Buk-Mimi.jpg
(Azhar)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dipesan oleh Pemprov Riau ke Singapura saat ini sudah berada di Jakarta. Alat tes PCR ini nanti akan digunakan untuk tes swab pasien suspek korona di Riau. Alat tes PCR tersebut dipesan langsung oleh Pemprov Riau ke Singapura dengan harga Rp 7 Miliar.

"Diperkirakan Jumat besok alatnya sudah dikirim ke Riau," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis 9 April 2020.

Jika alat PCR tersebut sudah tiba di Pekanbaru, maka akan langsung dilakukan instalasi di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Riau yang berada di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Secara umum Labkesda kita siap untuk dioperasionalkan. SDM sudah disiapkan dan barang-barang sudah masuk. Hanya saja kita tinggal menunggu satu alat (PCR) dari Jakarta itu saja," ujar Mimi.

Labkesda ini disiapkan untuk menguji sampel swab pasien suspek corona di Riau. Sebab selama ini sampel pasien suspek corona di Riau dikirim ke Balitbangkes Jakarta. Sehingga butuh waktu lama untuk mengetahui hasilnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menyiapkan 16 Sumber Daya Manusia (SDM). Rinciannya, untuk tenaga medis ada 12 orang dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau dan 4 tenaga analis untuk membantu pekerjaan tenaga medis di labor.

"Surat Keputusannya sudah diteken pak Gubernur. Insya Allah untuk SDM kita sudah siap mengoperasikan labor Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau," kata Mimi. (*)