Jubir Covid-19 Riau Pastikan Belum Ada Pasien Positif Corona Meninggal Dunia

indra-yopi.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Juru Bicara (Jubir) penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi membantah kabar beredar di tengah masyarakat terkait adanya satu orang pasien Covid-19 di Riau meninggal dunia. Pihaknya meluruskan, pasien yang meninggal dunia tersebut adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sehingga dalam proses penyelenggaraan jenazahnya mengikuti protokol penanganan jenazah Covid-19.

"Terkait dengan informasi yang beredar di masyarakat tentang meninggalnya satu orang pasien positif covid-19 di Pekanbaru, kami menjelaskan bahwa yang meninggal tersebut bukan pasien positif covid-19, melainkan PDP yang masih menunggu hasil uji swab dari Balitbangkes," kata dokter spesialis paru di RSUD Arifin Ahmad ini, Minggu 5 April 2020.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk mengikuti protokol penanganan jenazah covid-19 demi kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Tidak hanya itu, dr Indra Yopi juga menegaskan, siapapun yang berada dalam satu ruangan dengan jenazah PDP covid-19 tersebut otomatis berstatus Orang Dalam Pemantuan (ODP) dan diharuskan melakukan isolasi mandiri dengan memperhatikan kondisi kesehatannya.

"Apabila terdapat gejala, diharuskan untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan," katanya.

Seperti diketahui, saat ini jumlah PDP di Riau sudah mencapai sebanyak 147 orang. Dengan rincian 77 masih dirawat, 66 negatif covid-19 dan dipulangkan dan 4 meninggal dunia. Sedangkan untuk jumlah ODP di Riau sebanyak 19.604 orang dan 3.779 ODP selesai pemantauan. (*)

-->