Gubri Minta Warga Tunda Acara Pesta Pernihakan, Cukup Akad Nikah Saja

teleconference.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau kepada masyarakat Riau agar menunda pesta pernihakan. Sebab pesta pernikahan akan mengundang banyak orang berkumpul dalam satu acara yang berpotensi menjadi tempat penularan virus corona atau Covid-19.

"Kalau ada yang mau membuat hajatan acara pernikahan kalau bisa dibatalkan, atau ditunda dulu. Cukup akad nikah di rumah atau di kantor KUA saja, itu silahkan. Jangan pula setelah akad nikah ada pesta lagi, apalagi pestanya di hotel ini yang kami minta ditiadakan," kara Gubernur Riau Syamsuar usai menggelar video comprence dengan Presiden RI, di Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa 24 Maret 2020.

Gubri mengingatkan kepada seluruh masyarakat Riau agar menjalankan arahan dari pemerintah pusat terkait sosial distancing. Sebab saat ini masyarakat masih banyak yang tidak patuh dan tetap melakukan kegiatan di luar rumah dan menghadiri keramaian.

"Sekarang yang menjadi hal penting dalam penanganan Covid-19 adalah terkait sosial distancing, mengatur jarak fisik dari kita semua. Penerapanya harus ada disiplin yang tinggi, ketegasan yang kuat untuk penerapanya. Karena itu saya mengajak kepada masyarakat kita di Riau ikuti imbaun pemerintah, hindari kerumunan, jangan buat keramaian, kurangi kegiatan yang melibatkan orang banyak," ujarnya.

Selain menghindari kerumunan, pihaknya juga meminta agar kegiatan massal ditunda atau ditiadakan. Sebab saat ini masih banyak tempat hiburan, cafe-cafe dan restoran yang masih tetap buka.

"Masih banyak cafe-cafe, tempat hiburan juga masih buka, ini kami minta ditutup sementara," katanya. (*)