Bukannya Sehat, Pasutri yang Minum Klorokuin Justru Muntah Darah, Suami Tewas

Ilustrasi-Obat.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, WASHINGTON-Pasangan suami istri nekat meminum Klorokuin Fosfat untuk menghidari virus corona. Bukannya sembuh, keduanya justru muntah. Bahkan sang kakek meninggal dunia.

Ia dan istrinya mengira bahwa mengonsumsi klorokuin fosfat bisa mencegaha banyak penyakit, termasuk virus corona Covid-19. Tetapi, zat itu justru menempatkannya pada kondisi kritis.

Klorokuin adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati malaria. Obat ini biasanya diberikan pada pasien malaria di daerah endemik atau area paling berisiko tinggi terjangkit malaria.

Dalam kasus ini, pria itu tidak mengonsumsi klorokuin dalam bentuk obat yang biasa digunakan untuk mengobati malaria pada manusia. Sebaliknya, ia mengonsumsi zat itu yang terdaftar sebagai pengobatan parasit untuk ikan.


Ia memiliki ide untuk menelan klorokuin setelah melihat siaran Presiden Trump bahwa klorokuin memiliki manfaat potensial mencegah virus corona Covid-19.


Meskipun sekarang ini belum ada obat yang disetujui dan dipatenkan bisa mengatasi corona Covid-19. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa obat malaria mungkin berguna untuk mengatasi corona Covid-19.

Sebelumnya, pria ini telah menggunakan klorokuin untuk ikan koi peliharaannya. Setelah melihat siaran Presiden Trump, ia dan istrinya pun berinisiatif mengonsumsinya untuk mencegah penularan.

Padahal keduanya sudah menginjak usia 60 tahun yang berpotensi mengalami risiko dan komplikasi penyakit lebih tinggi. Tetapi, mereka nekat mengonsumsi zat itu dengan campuran sedikit air.

"Kami takut terinfeksi. Tapi aku menjadi sangat sakit dan mulai muntah," kata istri pria itu kepala NBC News.

Setelah 20 menit menenggaknya, keduanya pun mulai merasa tubuh sangat sakit. Awalnya, sang istri merasa pusing dan panas sampai akhirnya muntah.

"Aku mulai muntah. Suamiku mulai mengalami masalah pernapasan dan ingin memegang tanganku," ujar sang istri.

Saat itu suaminya segera memanggil ambulans gawat darurat untuk membantu istrinya. Tak lama setelah sang istri tiba di rumah sakit, suaminya justu meninggal dunia.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com