Warga Riau Positif Corona Sebelumnya Bepergian ke Malaysia

corona-ekspos.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Juru Bicara Penanganan Corona Virus atau Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi mengatakan, pasien positif corona di Riau, berinisial M (63), memiliki riwayat perjalanan bepergian ke Malaysia. Ia baru pulang dari negeri jiran dua pekan silam.

Sepulang dari Malaysia pasien ini mengeluhkan sakit. Sempat dirawat di rumah sakit yang ada di Pekanbaru. Kemudian pasien dirujuk ke RSUD Arifin Achmad Riau, Pekanbaru.

"Iya, pasien ini ada riwayat bepergian ke Malaysia sebelumnya, kurang lebih dua minggu lalu. Kemudian pasien ini mengeluh, dan 13 Maret 2020 pasien datang ke rumah sakit," ungkap dr Indra saat konferensi pers, Rabu (18/3/2020).

Pasien dinyatakan dalam pengawasan atau pasien dicurigai. Ternyata kecurigaan Tim betul. "Hasil pemeriksaan terhadap sampel pasien ini dinyatakan positif Covid-19," kata Indra.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah pasien ini merupakan satu dari ribuan jemaah ikut dalam acara Tabligh Akbar di Mesjid Sri Petaling, Malaysia.


Pihaknya akan menelusuri kembali riwayat perjalanan pasien termasuk pasien ini sudah kontak dengan siapa saja.

"Iya bisa jadi, ini yang sedang kita cari, apakah memang beliau salah satunya, kalau iya, tentu kita harus cari teman-temanya. Siapa pun yang berkontak dengan si tuan M kita akan lakukan pemeriksaan lanjutan," kata Indra.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, Tablig Akbar tersebut diselenggarakan 27 Februari hingga 1 Maret 2020 silam dihadiri sekitar 16 ribu jemaah dari berbagai negara. Termasuk Indonesia.

"Hasil pengecekan kami di bandara itu lebih kurang ada 50 sampai 100 orang berada di sana dari jumlah jemaah berkumpul di acara itu sekitar 16 ribu orang," kata Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa (17/3/2020), saat menghadiri pelantikan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Riau, di Balai Serindit, Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Baru satu warga Riau berhasil diidentifikasi riwayat perjalanannya ke Malaysia. Ia ikut dalam acara tablig akbar tersebut. Warga ini dinyatakan suspect Virus Corona. Kini jalani observasi di ruang isolasi RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Dari jumlah tersebut, belum bisa ditelusuri semuanya oleh Pemprov Riau. Pasalnya, usai kegiatan dijumpai puluhan orang positif mengidap Covid-19 disebabkan Virus Corona.