Antisipasi Virus Corona, Syamsuar Putuskan Stop Penerbangan ke Malaysia dan Singapura

syamsuar-usai-pelantikan.jpg
(hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memutuskan untuk menghentikan sementara penerbangan dari Riau ke negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia. Penutupan akses penerbangan kedua negara tersebut terpaksa dilakukan menyusul semakin meluasnya virus corona di sejumlah negara termasuk di Indonesia dan kedua negara tetangga tersebut.

"Tadi sudah saya intruksikan kepala Dinas Perhubungan, sudah kita stop saja (penerbangan dari Riau ke Malaysia dan Singapura). Tidak ada lagi penerbangan ke sana,"kata kata Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa 17 Maret 2020.

Upaya penghentian penerbangan dari Riau ke Malaysia dan Singapura merupakan salah satu kebijakan yang diambil oleh Gubri untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Riau. Sebab dari hasil pendataan sementara, pasien suspek corona yang dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Riau sebagian besar mereka melakukan perjalanan ke Malaysia.

"Banyak pasien di Riau yang suspek corona itu ternyata riwayat perjalanannya dari Malaysia, termasuk yang jemaah tabligh akbar kemarin," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Riau, Taufik OH membenarkan adanya kebijakan Gubernur Riau yang menutup seluruh akses rute penerbangan dari malaysia dan singapura. Baik yang keluar maupun yang masuk dari kedua negara tersebut seluruhnya distop.

"Sudah ada instruksi dari Pak Gubernur agar kita locddown dari Malaysia dan Singapura. Kita sudah komunikasikan dengan Angkasa Pura II untuk tidak lagi melayani penerbangan dengan rute Pekanbaru - Malaysia dan Singapura," kata Taufik. (*)