Supaya Tak Dipolitisir, Kasus Galian C Illegal Harus Ditindak Tegas

Marwan-Johanis.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau dapil Inhu-Kuansing, Marwan Yohanis meminta instansi terkait bisa menelusuri video viral yang mengungkap kasus pertambangan Galian C illegal di pinggiran sungai Kuantan.
 
Politisi Gerindra ini mengatakan, sampai hari ini belum ada kejelasan dari video viral tersebut. Ia tak menampik jika video tersebut merupakan bentuk ketidaksabaran masyarakat terhadap aktivitas seperti itu.
 
"Kita tidak tahu ada apa di balik ini, tapi saya hanya minta ini jangan dibiarkan, harus ditanggapi serius, baik oleh Dinas ESDM, DPRD, hingga kepolisian dan tentunya dibawah koordinasi pemerintahan," kata Marwan, Jumat, 13 Maret 2020.
 
Sekarang, katanya, Kuansing memasuki masa-masa politik menjelang Pilkada, Marwan tak ingin kejadian ini bertujuan untuk mendiskreditkan pihak-pihak tertentu di Pilkada nanti.
 
Disampaikan Marwan, selain Galian C sangat banyak permasalahan yang ada di Kuansing saat ini. Ia khawatir, pihak yang merasa didiskreditkan akan membalas dengan mencari-cari kesalahan orang yang diuntungkan dengan kasus ini.
 
"Nanti yang merasa dirugikan pasti akan mencari kesalahan yang lain. Jadinya kan mengadu domba masyarakat. Kita ini sudah jenuh dengan politik identitas, kalau ada proses penambangan tanpa izin, proses saja berdasarkan aturan, jangan dipolitisir, kalau mau dipolitisir, sangat banyak yang bisa dipolitisir," ungkapnya.
 
Makanya, pihak terkait harus bisa mengantisipasi supaya isu ini tidak melebar hingga ke ranah politik, sebab ia melihat sudah banyak orang-orang yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan sesaat, salah satunya kepentingan politik.
 
"Kalau kasusnya pidana, proses secara pidana, kalau perdata proses secara perdata. Jangan dibawa ke ranah yang lain. Di tengah kota Kuansing itu pun banyak persoalan, mulai dari yang sebesar tungau hingga sebesar gajah, tapi kita tidak mau ini dibawa-bawa ke ranah politik," pungkasnya.