Hari Kedua Pekan QRIS, Mahasiswa Umri Diharapkan Bisa Jadikan Bahan Skripsi

qris.jpg

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Riau, kembali menggelar Pekan QRIS Nasional 2020. Kegiatan yang sudah memasuki hari kedua ini berlangsung di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Selasa, 10 Maret 2020.

Kegiatan ini berlangsung meriah dan disambut antusias oleh para mahasiswa, karena dalam kegiatan ini ada lomba karaoke.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umri, Zul Hasmi dalam kata sambutannya berharap agar mahasiswa bisa mengikuti dan menangkap peluang dari QRIS (Quick Response Indonesia Standard) ini.

"Saya tiga hari yang lalu bertanya apa itu QRIS rupanya untuk milenial. Acara ini akan berlangsung beberapa waktu. Harapannya mahasiswa bisa mengikuti dan menangkap peluangnya," kata Zul Hasmi, Selasa, 10 Maret 2020.

Dilanjutkannya, saat ini transaksi jual beli tak lepas dari QRIS sehingga selain bisa dijadikan bisnis, QRIS ini bisa jadi bahan penelitian juga.

"QRIS ini luar biasa teknologinya, transaksi pakai barcode, yang menarik bagi mahasiswa ini bisa jadi judul skripsi," katanya disambut antusias mahasiswa.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus melalui Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri mengatakan, BI saat ini tengah giat mensosialisasikan dan mensimulasikan penggunaan QRIS baik dari sisi customer maupun merchant.

Hal tersebut guna meningkatkan jumlah penggunaan QRIS baik dari sisi customer maupun merchant, BI sendiri sudah menyampaikan penggunaan QRIS ke para pedagang, UMKM, mahasiswa dan masyarakat luas.

Di Riau ini, sambung Asral, PQN diawali dengan pra iven dimana terhitung tanggal 2-8 Maret 2020, sosialisasi QRIS dilakukan dengan Talkshow di tv dan radio lokal.

Kemudian, BI Riau juga melaksanakan lomba QRIS Week TikTok-an dengan tema terkait QRIS berhadiah uang jutaan rupiah, mulai tanggal 3-13 Maret 2020.

Untuk ikut lomba sendiri sangat mudah, hanya dengan memfollow akun Instagram BI_RIAU, upload video Tiktok di Instagram tag @BI_RIAU. Gunakan hastag #SilePakaiQRIS dan #AyoPakeQRIS. Dalam video Tiktok minimal in frame satu orang.

"Satu akun bisa mengirim lebih dari satu video. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai Rp2 juta. Juara 2 uang tunai 1,5 juta dan juara uang tunai Rp1 juta. Sile pakai QRIS. Sile ikuti lomba QRIS Week TikTok-an," katanya.

Selanjutnya, 9-13 Maret 2020 akan dilakukan Sosialisasi dan Edukasi QRIS di Al Ihsan Boarding School Riau, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Pasar Wisata Pasar Bawah, Mall SKA dan Pengurus Masjid se-Pekanbaru.

Adapun acara puncak akan dilaksanakan iven Fun Walk QRIS pada tanggal 15 Maret 2020 yang akan di pusatkan di area car free day, samping Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Iven utama yang dimulai pukul 06.00 s.d 09.00 WIB ini melibatkan seluruh staksholders, pemerintah daerah, anggota dewan, perbankan, masyarakat, pelaku UMKM. Fun Walk akan dihibur live performance yang menghadirkan penyanyi Indahkus dan MC sekaligus instruktur senam ternama, Maria Vania. BI menyiapkan t-shirt yang akan dibagikan gratis untuk 1.500 peserta. Peserta juga berkesempatan meminum secangkir kopi dengan harga hanya Rp1.