Cegah Virus Corona, Dinas Kesehatan Riau Minta Warga Terapkan Germas

mimi.jpg
(hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir memastikan Provinsi Riau sudah siap mengantisipasi virus Corona yang saat ini telah memasuki Indonesia.

Disampaikan Mimi dalam konferensi pers bersama media, semua Rumah Sakit rujukan yang sudah ditunjuk telah memiliki alat perlindungan diri dari penyebaran virus ini.

Kemudian, Dinkes sudah melakukan sosialiasi ke masyarakat terkait gejala-gejala virus ini. Mimi mengimbau agar masyarakat bisa hidup sehat sesuai dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Germas yang dimaksud Mimi ialah, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir selama 20 detik sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.

"Kemudian, masyarakat juga diimbau mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh seperti buah-buahan dan sayur-sayuran," kata Mimi, Selasa, 3 Maret 2020.

Selain itu, Dinkes juga sudah mendistribusikan masker ke daerah-daerah yang dianggap berpotensi kedatangan tamu dari luar provinsi hingga luar negara seperti Inhil dan Dumai.

"Daerah-daerah itu sudah kita lakukan penyuluhan, di Dumai bahkan kita sudah bersama dengan Wali kota menggelar Inspeksi di tempat-tempat yang jadi pintu masuk Riau," tutupnya.