Sembilan Tribun Utama Pacu Jalur Telah Dibangun Pemkab Kuansing

tribun-jalur.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Selama Pemerintahan Mursini-Halim, sebanyak sembilan Tribun Utama Pacu Jalur sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing mulai 2016-2019. Dan pada 2020 pemerintah kembali melakukan pembangunan satu tribun lagi.

Tribun utama yang akan dibangun tahun ini lokasinya berada di gelanggang pacu jalur di Tepian Teluk Bayur, Desa Desa Gunung, Kecamatan Gunung Toar.

"Tribun yang akan dibangun di gelanggang pacu jalur Teluk Bayur nanti fisiknya lebih kecil dan tidak sama dengan tribun yang sudah dibangun untuk tingkat Rayon," ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kuansing melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Febri, Senin, 17 Februari 2020.

Febri mengatakan, untuk pembangunan tribun utama pacu jalur di tepian Teluk Bayur lahan untuk pembangunan merupakan hibah dari masyarakat setempat.

Pembangunan tribun ini kata Febri berdasarkan usulan masyarakat kepada pemerintah. Dimana satiap tahun di tepian Teluk Bayur ini selalu rutin diadakan pacu jalur ajang ujicoba.

"Setiap pacu jalur ajang ujicoba disana masyarakat selalu gotong royong membuat tribun, dan tahun ini kita bangun tribun permanen," katanya.

Selama Pemerintahan Mursini - Halim sebanyak 9 tribun utama pacu jalur sudah dibangun oleh Pemerintah. Dan tahun ini kata Febri akan dibangun tribun pacu jalur di Tepian Teluk Bayur Desa Gunung.

Berikut Daftar Tribun Utama Pacu Jalur yang dibangun selama Pemerintahan Mursini - Halim :

1. Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi, Desa Pulau Godang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah (2016)
2. Tepian Rajo Kecamatan Pangean (2016)
3. Tepian Lubuak Sobae, Baserah Kecamatan Kuantan Hilir (2017)
4. Tepian H Saidina Ali Kecamatan Kuantan Mudik (2018)
5. Tepian Pincuran Sakti, Kelurahan Benai, Kecamatan Benai (2018)
6. Tepian Pantai, Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar (2018)
7. Tepian Nyiur Melambai, Desa Sikakak, Kecamatan Cerenti (2019)
8. Tepian Tigo Muaro Kecamatan Inuman (2019)
9. Tepian Gudang Pulau Gobah Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan (2019)
10. Tepian Teluk Bayur Desa Gunung, Kecamatan Gunung Toar (akan dibangun tahun 2020 ini,red)