Jalan Rusak di Rohul, Orang Sakit Digotong Pakai Kain

jalan-rusak-rohul.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau dapil Rokan Hulu, Adam Syafa'at mendesak pemerintah untuk segera memperhatikan kondisi infrastruktur jalan di sejumlah ruas jalan di Rokan Hulu yang merupakan kewenangan Provinsi.

Hal tersebut ia sampaikan di rapat paripurna DPRD Riau agenda laporan reses, di mana Adam menyampaikan hal itu di depan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution yang juga merupakan putra asal Rokan Hulu.

Politisi PKS ini menjelaskan, akibat jalan rusak ini masyarakat kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya, terutama dalam memenuhi kebutuhan medis dan Sembilan Bahan Pokok (Sembako).

"Di sana itu masyarakat kalau sakit, dia digotong pakai kain karena memang mobil gak bisa lewat," kata Adam, Kamis, 30 Januari 2020.

Untuk itu, Adam meminta Pemprov memberi ruang lebih kepada DPRD Riau untuk memasukkan Pokok Pikiran (Pokir), sehingga dirinya bisa memperjuangkan hibah ambulance khusus untuk masyarakat disana.

"Dari pada terus begini, digotong pakai kain, nanti pas jalannya bagus baru dinaikkan ke motor," tegasnya.

Tak hanya itu, dari sisi kebutuhan Sembako, akibat akses jalan yang buruk harga bahan pokok menjadi mahal, bahkan tak jarang mobil pengangkut sembako terpuruk dan harus ditarik keluar.

Kerusakan ini dipicu oleh proses pembangunan jalan rigid yang kurang bagus sehingga kerikil yang ada didalam jalan keluar dan tersisa tanah saja, kondisi diperparah dengan curah hujan yang cukup tinggi.

Adam menambahkan, masyarakat setempat tidak mengharuskan jalan disana mengalami pengaspalan, yang penting bisa berfungsi dan dilintasi oleh kendaraan jenis apapun.

"Dulu jalan itu sudah cukup baik, tapi ada pembangunan jembatan sehingga banyak alat berat yang melintas, setelah itu tak diperbaiki lagi, ya rusak lagi lah," tuturnya.

Memang di postur APBD Riau 2020, ada beberapa ruas jalan yang sudah dianggarkan pembangunannya, namun Adam meminta supaya ada perhatian lebih kesana.

Adapun ruas jalan yang harus menjadi prioritas pembangunan oleh Pemprov Riau adalah, jalan di Ujung Batu, Rokan Banjar Datar berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.