Aktual, Independen dan Terpercaya


Tidak Hadir Saat Ujian, 77 Pelamar CPNS Pemprov Riau Langsung Gugur

TES-CPNS-RIAU.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 77 peserta ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Riau diputuskan gugur sebelum mengikuti ujian. Sebab 77 peserta ini tidak hadir sesuai jadwal.

Ujian SKD yang dilaksanakan di Gedung UPT Penilaian Kompetensi, Jalan Amal Hamzah Pekanbaru dibagi menjadi lima sesi dalam sehari. Kecuali hari jumat yang hanya empat sesi. Ujian SKD CPNS Pemrov Riau dilaksanakan mulai Senin 27 Januari 2020 hingga 10 Februari 2020.

Dari 77 pelamar yang tidak hadir tersebut, rincianya sebanyak 43 pelamar tidak hadir di hari pertama ujian, Senin 27 Januari 2020. Sedangkan pada hari kedua, Selasa 28 Januari 2020 ada 34 pelamar yang tidak hadir.

"Bagi yang tidak hadir ujian, maka otomatis langsung gugur," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan, Selasa 28 Januari 2020.

Pihaknya mengaku tidak mengetahuinya. Karena, jadwal pelaksanaan ujian berikut pembagian sesinya sudah diupload pada website BKD Riau.

"Kalau alasannya kita tidak tahu kenapa mereka tidak hadir. Yang pasti jadwal sudah kami upload di websitewww.bkd.riau.go.id. Jadi yang belum tahu jadwalnya, bisa segera cek di website," katanya.

Meski ada 77 peserta yang tidak hadir saat ujian, namun Ikhwan mengungkapkan secara keseluruhan pelaksanaan ujian SKD hingga hari kedua ini tidak ada kendala yang dihadapi oleh panitia. Semua proses ujian berjalan lancar dan tidak ada gangguan pada server, karena ujian SKD menggunakan sistem online.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar dan tidak ada kendala. Kami berharap situasi seperti ini bisa terus terjadi hingga hari terakhir pelaksanaan ujian," ucapnya.

Seperti diketahui, sebanyak 6.178 CPNS Provinsi Riau, yang dinyatakan lulus administrasi, menjalani tes SKD di UPT Penilaian Kompetensi, Jalan Amal Hamzah, Pekanbaru. SKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), akan dibagi menjadi 5 sesi, dan masing-masing sesi akan memakan waktu selama 90 menit, dengan 90 soal. (*)