Besok, 3.168 Peserta Ikuti SKD CPNS Bengkalis

djamal.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sebanyak 3.168 perserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 lulus administrasi mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Balai Diklat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Jalan Kelapapati Darat, Rabu, 29 Januari 2020, besok.

Ribuan peserta ini berjuang untuk memperebut 83 formasi yang diterima Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Berdasarkan jadwal ditetapkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), pelaksanaan tes SKD dilaksanakan lima sesi dalam sehari.

"Persesi diikuti 100 peserta dalam satu ruangan," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bengkalis Djamaludin, Selasa, 28 Januari 2020.

Persesi peserta diberikan waktu ikuti tes selama 90 menit. Sedangkan untuk difabel diberikan waktu 120 menit. Untuk sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB. Kemudian sesi kedua pukul 10.00 WIB, sesi ketiga pukul 12.00 WIB, sesi keempat pukul 14.00 WIB dan sesi kelima pukul 16.00 WIB.

"Berharap peserta datang lebih awal dari jadwal yang diberikan," pinta Djamaludin.

Sebelum pelaksanaan tes para peserta dilakukan registrasi ulang. Berdasarkan aturan BKN lima menit sebelum tes jika tidak melakukan registrasi akan gugur secara sistem.

"Sistemlah yang tidak memperbolehkan. Makanya diingatkan peserta harus hadir lebih awal," harap Djamaludin.

Menurut Djamaludin persiapan sudah 100 persen. Pihak BKPP sendiri juga telah membentuk panitia. Panitia ini selain dari pihak BKN.

"BKN sudah melihat langsung persiapan yang kita dilakukan. Sudah disiapkan maksimal dan tinggal pelaksanaan tes besok," jelasnya.

Untuk mengantisipasi adanya persoalan dengan prangkat tes yang disiapkan. Pihak BKPP menyiapkan laptop. Sehingga jika terjadi listrik padam tak jadi persoalan. Walaupun secara teknis pihaknya sudah menyiapkan genset untuk mengantisipasi pemadaman listrik.

"Genset sudah kita siapkan. Kemudian kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN berharap di wilayah pelaksanaan tes tak ada pemadaman listrik," jelasnya lagi.

Hanya saja, kata Djamaludin cuaca hujan beberapa hari di Bengkalis membuat panitia khawatir. Akhirnya BKPP menyiapkan genset.

Sekda Tinjau Tes

Berdasarkan jadwal Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY akan melakukan peninjauan langsung ke lokasi tes SKD.

"Dijadwalkan Sekda besok memantau tes. Hanya saja tak bisa masuk langsung ke ruang tes. Jadi meninjau dari luar saja," jelasnya.