Adi Sukemi: Pemda Harus Serius Sosialisasi Karhutla Kepada Masyarakat

adi-sukemi.jpg
(istimewa)

Laporan; RISKI APDALLI

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi mengatakan Karhutla merupakan masalah serius yang perlu pemahaman semua pihak dalam melakukan pencegahan. Di samping itu juga perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat terkait cara membuka lahan dengan cara yang benar dengan tidak membakar.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Adi Sukemi saat rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan bencana karthutla tahun 2020 yang berlangsung di auditorium Kantor Bupati di Pangkalan Kerinci pada Kamis, (24/1/2020).

Dikatakan Adi, kadang di masyarakat kurangnya sosialisasi Pemerintah Daerah menjadi masalah, karena hal yang sederhana bisa menyebabkan masalah bagi masyarakat itu.

"Pemerintah daerah harus serius berikan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat," tegas Adi Sukemi.

Adi juga menjelaskan perlunya masyarakat di ingatkan bagaimana hukuman serta efek dari kebakaran hutan ini bagi keberlangsungan alam.

"Masyarakat kita kadang dia membakar di lahan kebunnya sendiri dan dia ini tidak merasa bersalah melakukan pembakaran sehingga dia acuh saja, padahal dampak asap kebakaran lahan nya tersebut menyebabkan yang bersangkutan bermasalah dengan hukum dan ada kita temukan juga masyarakat kita hoby memancing sambil merokok di lahan yang gambut, dia tinggal sebentar api rokok masih menyala, hal demikian walaupun sederhana masyarakat harus tahu," ujarnya.