Begini Kegiatan Kelenteng Hok Ann Kiong Bengkalis Jelang Imlek

kelenteng-bengkalis.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Menyambut Tahun Baru Imlek 2571, Kelenteng Hok Ann Kiong mulai berbenah, diawali sembahyang Shenming Zao Jun Gong dan bersih-bersih kelenteng.

Humas Kelenteng Hok Ann Kiong, Herman Kusuma mengatakan, sempena Tahun Baru Imlek pada tanggal 25 Januari 2020, umat Khonghucu yang beribadah di Kelenteng Hok Ann Kion melakukan serangkaian kegiatan.

Diantaranya sembahyang Shenming Zao Jun Gon/Cun Kun Kong atau Malaikat Dapur. Kemudian berlanjut dengan membersihkan para suci (shinming) dan jinshen (patung).

“Mengawali rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2571, kita telah melaksanakan bersih-bersih para suci dan jinshen. Dan, tadi kita juga membersihkan halaman bahagian luar kelenteng," kata Herman Kusuma, Rabu, 22 Januari 2020.

Makna membersihkan para suci ini sebagai makna pembersihan diri atau intropeksi diri.


"Kita harus melihat ke dalam diri introspeksi. Kita dapat memperbaharui diri setiap hari supaya tetap menjadi manusia baru,” katanya.

Selanjutnya, tambah Herman. Sehari menjelang Tahun Baru Imlek, umat Khonghuchu juga melakukan sembahyang leluhur.

"Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas satu tahun yang telah dilewati dengan baik dalam suka dan duka," tambah Herman.

Di malam Imlek pun digelar sembahyang, dengan harapan agar kiranya di Tahun Baru Imlek 2571, senantiasa berkah bagi umat yang sembayang.

Hari ke 4 dan ke 5 imlek dipelataran kelenteng Hok Aan Kion disediakan berbagai macam kuliner.

"Selain umat yang melaksanakan sembayang juga untuk masyarakat Bengkalis yang datang ikut merayakan Imlek semua gratis," terangnya menambahkan puncak acara di hari ke 6 tanggal 30 Januari 2020.

Selanjutnya, berbagai pertunjukan dipertontonkan dalam iringan pawai Cue Lak. Dewa-dewi yang masuk tubuh peserta melakukan sema. Puncak perayaan Imlek ini, diidentikkan pemujaan Dewa Cing Cui Cho Se.

Herman menambahkan rute pawai dalam puncak perayaan Imlek ini, berawal dari Kelenteng Hok Ann Kiong menuju Jalan Ahmad Yani. Kemudian menuju Jalan Hang Tuah hingga perempatan Hang Tuah Pattimura.