Gubri Wawancarai Langsung Sembilan Nama Calon Pimpinan BRK

syamsuar-dan-apkasindo.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan mewawancarai langsung sembilan calon pimpinan Bank Riau Kepri (BRK) yang lulus seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Gubri akan memanggil satu per satu nama calon pimpinan BRK tersebut untuk menjalani tes wawancara. Rencananya tes wawancara calon pimpinan bank plat merah ini akan dilaksanakan, Senin 29 Desember 2019 besok.

"Sesuai petunjuk dari Permendagri, masing-masing jabatan itu harus ada tiga nama yang kita serahkan ke pak gubernur. Karena ada tiga posisi yang dibuka seleksinya, maka ada 9 nama yang kita ajukan ke pak gubernur untuk menjalani tes wawancara," kata ketua tim Pansel Pimpinan BRK, Ahmad Syah Harrofie, Jumat 27 Desember 2019.

Setelah tes wawancara, maka nama-nama calon pimpinan BRK ini akan dibawa dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BRK. Setelah itu barulah disepakati, siapa calon pimpinan BRK yang nanti akan diteruskan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk ditetapkan satu nama.

"Saat RUPS itu nanti bisa tingga dua calon atau tetap tiga nama untuk masing-masing jabatan. Itu nanti tergantung kesehatan para pemegang saham saat RUPS. Setelah itu baru diserahkan ke OJK untuk mengikuti fit and proper test dan menetapkan satu nama untuk masing-masing posisi jabatan yang dibuka seleksinya," kata Ahmad Syah.

Seperti diketahui, tiga nama calon Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri (BRK) yang lulus seleksi UKK diantaranya adalah Andi Buchari, Hendra Buana dan Nizam.

Selain tiga nama tersebut, tim Pansel juga mengumumkan tiga nama calon Direktur Dana dan Jasa yakni Andi Mulya, M Jazuli, dan MA Suharto. Sedangkan untuk calon Direktur Operasional juga ada tiga nama, diantaranya adalah Denny Muliya Akbar, Ikhwan dan Said Syamsuri.

Sehingga total seluruhnya ada 9 nama calon pimpinan BRK yang lulus Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) ke dan diajukan ke Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar untuk menjalani tes wawancara. (*)