Demokrat Serahkan Delapan Bakal Calon Bupati Bengkalis

bakal-calon-bengkalis-demokrat.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Delapan nama Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, mendaftar di Partai Demokrat telah diserahkan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Riau.

Penyerahan berkas nama balon langsung diterima Ketua Penjaringan DPD Demokrat, Riau, Desmianto, MBA, Jumat, 20 Desember 2019 di Sekretariat DPC Demokrat, Jalan Hos Cokro Aminoto, Bengkalis, malam tadi.

Ini merupakan tahapan dari penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Pilkada Bengkalis 2020.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, dari delapan nama mengikuti penjaringan di antaranya, Kasmari, Muhammad, Arifin, Kaderismanto, Eng Mohammad Syahminan, H. A Ridwan Yazid, Masuri dan Nur Azmi Hasyim hanya dua balon yang berkenan hadir pada acara sosialisasi tahapan Pilkada Demokrat tersebut.

Kedua balon yang hadir, adalah balon Bupati Bengkalis, Eng Mohammad Syahminan dan bakal calon Wakil Bupati Bengkalis, Nur Azmi Hasyim. Sedangkan lainya hanya mengutus perwakilan.

Menangapi hal tersebut, Ketua Penjaringan DPD Demokrat, Riau, Desmianto merasa kecewa dengan ketidakhadiran enam balon bupati tersebut.

"Kami berharap, seharusnya bakal calon dapat hadir malam ini. Karena kehadiran kami (DPD) guna menindaklanjuti tahapan penjaringan yang ada telah dilaksanakan oleh DPC Demokrat Bengkalis dan selanjutnya menjadi bahan pembahasan di internal Demokrat Provinsi Riau," kata Desmianto dalam sambutanya dengan nada kecewa.

Desmianto menambahkan, Partai Demokrat mempunyai mekanisme tersendiri dalam mengusung balon pada pilkada mendatang. Salah satunya, tahapan yang telah dilakukan oleh DPC di setiap kabupaten, Kota dan kemudian diserahkan ke DPD Demokrat Provinsi Riau.

"Bagi balon yang dinilai telah mengikuti tahapan dan dinyatakan lulus administrasi, akan diumumkan dan selanjutnya akan dilakukan survei dan wawancara di DPD Demokrat Riau," terang Desmianto.

Pun demikian, Desmianto kembali menegaskan pihak DPD tetap berkordinasi dengan DPC Demokrat Bengkalis.

Sebelumnya, Ketua DPC Demokrat Bengkalis, Nur Azmi Hasyim menyebut bahwa Partai Demokrat sangat terbuka dalam menyelenggarakan penjaringan balon bupati dan wakil bupati.

Ia juga mengaku bahwa tahapan penjaringan inipun sudah disampaikan jauh sebelumnya kepada bakal calon.

"Namun, kita sangat memaklumi dengan kesibukan kawan kawan (balon) dan kita ucapkan terimakasih kepada perwakilan yang telah hadir," kata Nur Azmi Hasyim.